PBSI Sumsel mengincar tiga even besar

Sabtu, 26 Oktober 2013 - 00:56 WIB
PBSI Sumsel mengincar tiga even besar
PBSI Sumsel mengincar tiga even besar
A A A
Sindonews.com - Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Sumatera Selatan membidik tiga even besar pada 2014. Yakni Kejuaraan Dunia Junior, Sirkuit Nasional (Sirnas), dan Kejuraan Nasional (Kejurnas).

Ketua Harian Pengrov PBSI Sumsel, Densyah mengungkapkan, ketiga event besar itu tengah diajukan pihaknya kepada PB PBSI. Keinginan tersebut tidak terlepas dari pertimbangan jika Sumsel memiliki fasilitas internasional dan sudah sering menggelar even-even kelas dunia.

''Kita sudah berbicara dengan Sekjen (Sekretaris Jendral) PB PBSI, Pak Anton Subowo dan beliau mendukung keinginan kita itu. Beliau bahkan mengatakan ke depan akan ada program strategis yang akan dilaksanakan di Sumsel,” katanya, saat berbincang di Sekretariat Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumsel.

Dia menjelaskan, PB PBSI memang sudah menyatakan bakal mengalihkan even-even besar keluar Pulai Jawa agar perkembangan olahraga ini semakin merata. Bahkan PB PBSI sudah mulai memikirkan berbagai hal mulai dari pembiyaan, pelatihan, pendampingan dan sponsorship. Jadi, kedepan pembinaan bulutangkis ini tidak hanya tersentralisasi di Pulau Jawa saja, melaikan menyebar di seluruh daerah di Indonesia.

''Untuk diwilayah Sumatera sendiri, Sumsel masuk dalam peringkat pertama dalam hal pembinaan dan perkembangan atlet bulu tangkis. Kita juga berani diuji dari sisi manajemen organisasi dan lainnya,"katanya.

Dari segi fasilitas, Densyah menjamin jika kualitas GOR Dempo sudah teruji setelah kerap kali menjadi tuan rumah even-even bulutangkis dunia. Terbaru, venue di kawasan Jakabaring Sport City (JSC) itu menjadi tempat pertandingan cabor bulu tangkis ajang Islamic Solidarity Games (ISG). Belum lagi, kejuaran-kejuaraan nasional lainnya seperti Sikuit Nasional (Sirnas) dan Sidu Cup serta kejuaraan-kejuaraan lokal lainnya.

''Lihat sendiri hanya kita memiliki salah satu gedung olahraga (GOR Dempo), yang terbaik di Indonesia,” bebernya.

Untuk meningkatkan kualitas atlet, PBSI Sumsel juga akan menggelar Kejuaraan Nasional Provinsi (Kejurprov) Sumatera Selatan, di Kabupaten Muara Enim, pada 12-16 November mendatang, di Gedung Olahraga (GOR) Pancasila, Muara Enim.

Kejurprov bulu tangkis ini nantinya akan mempertandingkan 18 nomor pertandingan untuk kelompok usia dini, di bawah umur 11 tahun. Anak-anak, usia di bawah 13 tahun, Pemula, usia di bawah 15 tahun. Remaja, usia di bawah 17 tahun. Taruna, usia di bawah 19 tahun, dan dewasa dengan usia bebas.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4151 seconds (0.1#10.140)