Inilah gambaran awal Garuda Muda

Selasa, 29 Oktober 2013 - 20:53 WIB
Inilah gambaran awal Garuda Muda
Inilah gambaran awal Garuda Muda
A A A
Sindonews.com - 12 pemain dipastikan tercoret dari skuad tim nasional (timnas) U-23 Indonesia. Pencoretan itu pun, sekaligus menegaskan bentuk skuad Garuda Muda, julukan timnas U-23, yang akan berlaga diajang SEA Games XVII Myanmar, akhir Desember mendatang.

Kurang dari dua bulan adalah waktu yang dimiliki Rahmad Darmawan untuk menentukan skuad terbaik timnas U-23. Dengan semakin sempitnya waktu, RD, sapaan akrab Rahmad, seperti tidak ingin waktu yang ada terbuang percuma. Dicoretnya 12 nama sekaligus, seolah jadi bukti RD tidak ingin berlama-lama menentukan komposisi pemain.

Syamsir Alam memang jadi nama kejutan yang akhirnya dicoret pelatih timnas U-23, Rahmad Darmawan. Tidak juga menunjukan potensi besar, Syamsir yang berkostum DC United di Major League Soceer (MLS), terpaksa terdepak. RD, sapaan akrab Rahmad, akhirnya menempatkan Yandi Sofyan Munawar sebagai alternatif.

Pencoretan sendiri disinyalir berdasarkan beberapa hasil pemanasan yang dijalani tim Garuda Muda. Seperti berlaga diajang Islamic Solidarity Games (ISG) di Palembang. Dan adanya dua laga uji coba yang baru-baru ini digelar. Seperti menundukan PSS Sleman, 0-1, dan kalah, 1-2, dari Persibat Batang.

"Semua pemain sudah diberikan waktu untuk menunjukan kemampuan terbaik. Dan ini saya rasa hasilnya. Untuk Syamsir, sudah berulang kali dicoba dan beberapa kali diberi kesempatan. Namun, performanya belum terlalu bagus," ungkap RD.

Sebanyak 26 pemain yang tersisa, rencananya akan kembali ditempa dengan beberapa laga uji coba. Seperti menjalani laga pemanasan dengan Timor Leste, besok. Selain uji coba, Andik Vermansyah dkk akan mengikuti proses try out ke Hong Kong pada, 12-14 November mendatang.

Sebagai antisipasi adanya kejadian tidak dinginkan dari 26 nama yang ada, RD siapkan empat pemain yang masuk dalam daftar tunggu. Seperti gelandang Almere City, Belanda, Stefano Lilipaly, David Laly (Persidafon Dafonsoro), Novri Setiawan (Sriwijaya FC), dan Rasyid Bakri yang berseragam PSM Makassar.

"Lilipaly bermain di klub profesional. Jadi tidak mudah untuk memanggilnya. Klubnya sendiri baru bisa melepas Lilipaly ke timnas, jika pertandingan yang akan dijalani tercantum dalam kalender FIFA. Itu jadi kendala tersendiri untuk bisa memanggil Lilipaly," jelas RD.

Yang menarik dari 26 pemain utama yang dipilih RD, ada tujuh pemain jebolan SEA Games XVI. Dimana saat itu, juga di bawah kendali RD, timnas U-23 duduk diposisi keduanya dengan meraih medali Perak. Ketujuh nama tersebut adalah Kurnia Meiga, Andritany Ardhiyasa, Diego Michiels, Egi Melgiansyah, Ramdani Lestaluhu, Andik Vermansah, dan Oktovianus Maniani.

Hadirnya ketujuh pemain ini, tentu sangat diharapkan mampu menambah kekuatan timnas Garuda Muda di SEA Games nanti. Pengalaman yang tentunya lebih baik dari pemain-pemain lain, Egi dan enam rekan alumnus di SEA Games sebelumnya, akan menjadi kekuatan lain untuk bersaing dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Akan tetapi, ke-26 pemain yang dipilih RD sampai sejauh ini masih harus waspada. Jika tidak mampu mempertahankan performa atau cenderung menurun penampilannya, bukan tidak mungkin akan dicoret. Apalagi, hanya akan ada 20 pemain saja yang nantinya akan benar-benar berpartisipasi diajang dua tahunan tersebut
(irc)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6466 seconds (0.1#10.140)