Kelas BTdI selevel TdS

Kamis, 07 November 2013 - 16:31 WIB
Kelas BTdI selevel TdS
Kelas BTdI selevel TdS
A A A
Sindonews.com - Banyuwangi Tour de Ijen (BTdI) mengalami progres signifikan di edisi kedua yang berlangsung 2-5 November lalu. Selain menambah satu etape menjadi total empat etape, jumlah peserta pun bertambah dan diikuti beberapa tim berkelas.
Bahkan BTdI dinilai sudah hampir menyamai level Tour de Singkarak (TdS). Ketua Umum PB ISSI Edmound Simorangkir menyatakan level BTdI sudah hampir sejajar dengan TdS yang disebut-sebut sebagai ‘adu pancal’ paling bergengsi di Indonesia.

BTdi yang mengambil rute seluruh wilayah kecamatan di Banyuwangi, bahkan dianggap memiliki aspek unggulan yang tak dimiliki TdS. Salah satunya adalah pendanaan yang ditanggung penuh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi. Beda dengan TdS yang masih diasup dana dari pusat.

''Sekarang sudah tidak ada perbedaan antara BTdI dengan TdS, karena level keduanya sejajar. Malah kalau BTdI terus berkembang pada event selanjutnya, bukan tidak mungkin akan melampaui level TdS. Perkembangannya sangat positif,” ujar Edmound Simorangkir.

Balap sepeda yang diikuti 20 tim dari berbagai negara tersebut menghabiskan dana sekira Rp4 miliar saja. Peserta juga berkembang dan memunculkan tim pro-continental seperti Tabriz Petrochemical yang menjadi juara BTiD 2013, Univega, hingga Matrix Powertag.

Edmound juga sangat yakin BTdI bisa menjadi ikon balap sepeda berkelas di Jawa Timur. Dia tidak terkejut jika pada penyelenggaraan tahun depan bakal ada kejutan lagi dari Banyuwangi. ''Saya lihat Pemkab Banyuwangi tambah bersemangat. Itu bisa menjadi pertanda event ini memiliki masa depan cerah,” tandasnya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1140 seconds (0.1#10.140)