Selam Jabar ditarget 5 emas

Senin, 11 November 2013 - 23:57 WIB
Selam Jabar ditarget 5 emas
Selam Jabar ditarget 5 emas
A A A
Sindonews.com - Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Jawa Barat harus segera menyiapkan regenerasi. Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jabar Azis Syarif mengaktakan hal tersbeut seusai melantik Pengda POSSI Jabar.

Aziz menilai, faktor penyebab penurunan raihan medali untuk cabor selam pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII 2012 lalu dikarenakan telatnya regenerasi. Sehingga Jabar hanya mengandalkan atlet-atlet tua.

Saat di PON Kaltim, Jabar mampu meraih 3 emas, 2 perak dan 1 perunggu, sedangkan di PON Riau Jabar mengalami penurunan dalam raihan medali. Jabar hanya bisa meraih 1 emas, 1 perak dan 1 perunggu.

Padahal kata Azis, Jabar mempunyai sejarah prestasi untuk cabor selam pada PON 2004 di Palembang. Di mana Jabar merebut 7 medali emas. Dinilai mampu memperbaiki prestasi, untuk cabor selam ini KONI Jabar menargetkan minimal 5 medali emas pada PON XIX 2016 Jabar nanti.

''Saya berharap POSSI Jabar bisa mengulang prestasi tahun 2004 lalu di Palembang pada saat Jabar bertindak menjadi tuan rumah pada PON XIX/2016 mendatang. POSSI Jabar harus mempunyai strategi khusus untuk mendongkrak prestasi yang sempat anjlok tersebut. Minimal di PON mendatang selam bisa menyumbang 5 medali emas,”ungkapnya.

Azis menilai ambisi itu bukan hal yang mustahil. Pasalnya Jabar yang akan menjadi tuan rumah mempunyai hak untuk mengatur nomor yang akan dipertandingkan nanti. ''Ya harus dimulai dari sekarang, Pengprov POSSI harus menggali potensi atletnya dan siapkan regenerasi yang potensial untuk PON 2016 mendatang.

Ketua Umum POSSI Jabar, Yudha M Saputra mengaku, target yang sudah dicanangkan KONI Jabar itu memang dinilai cukup berat. Namun dia optimistis cabor selam bisa memberikan yang terbaik bagi Jabar di PON 2016.

''Tentu, kami akan siapkan dari sekarang seoptimal mungkin. Terlebih dukungan dari KONI Jabar cukup besar, ini akan menjadi motivasi bagi kami untuk bisa memberikan yang terbaik di PON nanti, Insya Allah,”kata Yudha.

Yudha juga mengaku, mulai dari sekarang pihaknya akan menggali potensi-potensi atletnya seperti halnya pada cabor renang. Untuk itu, untuk mendongkrak potensi atletnya, Yudha berniat untuk melakukan koordinasi dengan Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Jabar.

''Untuk menggali potensi atlet selam, nanti Insya Allah kami akan koordinasi dengan PRSI Jabar. Karena seperti yang kita tahu, pembinaan dan regenerasi di olahraga renang ini patut kita contoh, potensinya sangat bagus,”katanya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7915 seconds (0.1#10.140)