Persiapan Persiba terancam tidak maksimal

Kamis, 14 November 2013 - 15:14 WIB
Persiapan Persiba terancam...
Persiapan Persiba terancam tidak maksimal
A A A
Sindonews.com - Pembentukan tim Persiba Bantul yang baru dipastikan akan mepet dan tidak maksimal. Sebab, sampai kini belum ada satu pun pemain yang dihubungi dan verifikasi klub baru akan selesai pada 5 Desember mendatang.

Wakil Manajer Persiba Bantul Bagus Nur Edy Wijaya mengatakan, verifikasi yang akan dilakukan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) baru akan dimulai pada 20 November sampai 5 Desember. Persiapan manajemen untuk menghadapi itu pun sudah hampir matang.

Seperti masalah legalitas yang sudah diurus ke notaris. Saat ini, hanya tinggal turunnya surat dari Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham). "Surat belum turun. Kalau masih lama, kita nanti cukup menunjukkan surat dari notaris jika sudah dalam proses. Itu tidak akan masalah," kata dia, Kamis (14/11) kemarin.

Menurutnya, masalah hanya tinggal dalam segi finansialnya. Jika nantinya lolos verifikasi, Persiba harus mempunyai dana sekitar Rp12 Miliar untuk mengikuti kompetisi Indonesia Super League (ISL) dengan dua format wilayah.

Mengenai pembentukan tim, diakuinya memang akan mepet sekali. Waktu kurang dari dua bulan, harus sudah ada komposisi pemain lengkap untuk mengikuti kompetisi yang akan dimulai pada Januari 2014 mendatang. "Kalau dibilang mepet, ya iya. Saat ini, kita juga belum lakukan komunikasi terhadap pemain," ujarnya.

Hal yang sama juga dikatakan Asisten Pelatih Persiba musim kompetisi lalu, Albert Rudiana. Idealnya, tim harus mulai dipersiapkan dua atau tiga bulan sebelum diturunkan dalam kompetisi.

Apalagi, jika lolos verifikasi dan masuk ke ISL. Tim harus mempunyai kualitas yang sama dengan klub-klub lainnya di satu grup. Sedangkan komposisi Persiba pada musim 2013 lalu, masih harus ada perombakan. "Meskipun para pemain berkualitas (musim lalu), harus lebih kuat lagi. Karena levelnya kan lebih seru," tuturnya.

Terpisah, Sajuri Syahid, Asisten Pelatih Persiba berharap, manajemen bisa melakukan persiapan verifikasi sebaik mungkin. Mengenai teknis seperti pemain, tidak terlalu masalah. "Jika nantinya persiapan tim mepet, ya kita seadanya," ujarnya.

Tiga pemain asing yang membela Persiba musim lalu, yaitu Eduardo Bizarro, Ezequiel Gonzales, dan Roberto Kwateh, dirasa mempunyai kapasitas untuk memperkuat Persiba musim mendatang. Apalagi, jumlah tersebut sudah sesuai dengan aturan kompetisi mendatang, yaitu maksimal tiga pemain asing yang diturunkan setiap laga.

Sebagaimana diketahui, Persiba Bantul merupakan salah satu dari tujuh klub yang ada di Indonesia Premiere League (IPL) untuk dilakukan verifikasi. Enam lainnya, yaitu Persepar, Perseman, Pro Duta, Persijap, PSM, serta Semen Padang.

Nantinya, hanya akan diambil empat untuk ikut kompetisi ISL dan akan digabungkan dengan 18 klub lain yang sebelumnya sudah ikut. Verifikasi yang dilakukan, berupa penilaian dari beberapa segi. Di antaranya, kelegalitas, suporting, infrastruktur, administrasi, dan finansialnya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1681 seconds (0.1#10.140)