Plus dan minus Alfred Riedl

Selasa, 19 November 2013 - 17:56 WIB
Plus dan minus Alfred Riedl
Plus dan minus Alfred Riedl
A A A
Sindonews.com - Sosok Alfred Riedl menjadi calon tunggal suksesor Jacksen F Tiago sebagai pelatih tim nasional (timnas) Indonesia Senior. Jika mencermati pengalaman Riedl menukangi timnas Indonesia periode 2010-2011, tergambar pula plus dan minus pelatih berpaspor Austria tersebut.

Riedl sendiri memang dikenal sebagai pelatih yang menerapkan kedisiplinan tinggi terhadap anak-anak asuhnya. Akan tetapi, apa yang diterapkan Riedl ternyata menimbulkan persoalan baru. Puncaknya, saat Riedl mencoret bomber terbaik Indonesia saat ini, Boaz Salossa di ajang Piala AFF 2010 lalu. Di mana saat itu, timnas Garuda akhirnya hanya mampu keluar sebagai runner-up.

Akan tetapi, tidak semata sikap disiplin Riedl menjadi kendala pelatih berusia 64 tahun ini,jika nantinya benar-benar kembali dipercaya membesut Timnas Garuda. Karena banyak pihak juga yang melihat sisi positif dari apa yang diterapkan Riedl. Sikap disiplin tinggi yang dijunjung pelatih kelahiran Wina tersebut, sering dianggap sebagai kunci permainan anak-anak asuhnya saat berlaga di dalam lapangan.

"Soal pengganti (Jacksen), tetap nama yang sudah ada. Usul dari Exco (Komite Eksekutif) PSSI, semuanya sepakat Riedl untuk dikembalikan ke tim nasional. Selama ini komunikasi sebagai teman saja. Pertimbangan? Selama ini yang kami lihat baru Riedl yang bagus," ungkap ketua Badan Tim Nasional (BTN), La Nyalla M Mattalitti.

Jacksen sendiri memang santer dikabarkan akan meninggalkan timnas Indonesia, selepas laga kontra Irak, tadi malam. Awalnya, pelatih asal Brasil tersebut santer dikaitkan dengan klub lokal China, Tianjin Songjiang. Namun, kabar terakhir yang didapat, manajemen Persipura Jayapura menegaskan, jika Jacksen sudah 80 persen akan tetap membesut tim Mutiara Hitam, julukan Persipura, pada musim kompetisi tahun depan.

Agar Jacksen bisa kembali fokus bersama klub kebanggaan masyarakat Jayapura, Rudi Maswi, sekalu manajer Persipura menegaskan, jika tim Mutiara Hitam sudah menyerahkan surat pengembalian Jacksen kepada PSSI. Rudi pun berharap Jacksen bisa terus bersama Persipura, klub yang sudah tiga kali mengantar tim Mutiara Hitam keluar sebagai jawara Indonesia Super League (ISL) diperiode 2008/2009, 2010/2011, dan 2012/2013.

"Kami tidak mau ada yang terganggu dengan apa yang kami inginkan. Lebih baik kami bikin surat, kalau masih dibutuhkan di tim nasional dan tidak mengganggu, tidak ada masalah. Jadi, nanti PSSI yang memutuskan keinginan kami soal Jacksen," tutur Rudi.

"Ya, mudah-mudahan (Jacksen tetap bersama Persipura. Di mana saat ini kami terus berkomunikasi. Walaupun sempat ada pemberitaan yang lalu, misalnya dia mau ke China atau bagaimana, komunikasi selalu kami jaga sampai saat ini. Tapi sekitar 80 persen dia akan tetap bertahan," lanjut pria yang juga berstatus sebagai manajer timnas Indonesia tersebut.

Biodata Alred Riedl :

Nama ; Alfred Riedl
Tempat/ Tanggal Lahir ; Wina, Austria, 2 November 1946
Paspor ; Austria
Usia ; 64 tahun
Karir Dipersepakbolaan Indonesia ;
2010-20011 ; Pelatih Kepala Timnas Indonesia
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5005 seconds (0.1#10.140)