Proses verifikasi, Jatim libatkan 10 Stadion

Senin, 25 November 2013 - 04:23 WIB
Proses verifikasi, Jatim libatkan 10 Stadion
Proses verifikasi, Jatim libatkan 10 Stadion
A A A
Sindonews.com —Tim verifikasi PSSI bakal mulai bekerja melakukan pemeriksaan stadion milik para kontestan liga unifikasi 2014 pada Senin (25/11). Sebanyak 19 stadion bakal dikunjungi hingga 2 Desember nanti, termasuk 10 stadion di wilayah provinsi Jawa Timur.

Pada verifikasi ini, tiga klub asal Jawa Timur menggunakan enam stadion, atau masing-masing klub mengajukan dua stadion untuk diverifikasi. Persebaya Surabaya mengirimkan Gelora Bung Tomo dan Gelora 10 November yang bakal diverifikasi 29 dan 30 November.

Persela Lamongan juga turut mengajukan dua stadion sebagai venue musim depan, Stadion Surajaya Lamongan dan Stadion Wilis Madiun. Tim verifikasi bakal terlebih dulu mendatangi Stadion Wilis pada 26 November, sedangkan Stadion Surajaya pada 2 Desember.

Stadion Wilis tidak asing lagi bagi Persela Lamongan karena musim lalu sempat berkandang di stadion ini. Ketika lapangan di Stadion Surajaya masih dalam tahap renovasi, Laskar Joko Tingkir harus mengungsi ke Madiun untuk dua pertandingan home menjamu Persiba Balikpapan dan Barito Putra.

Dari Madura, Persepam bakal memakai dua stadion di ujung barat dan timur Pulau Garam, yakni Gelora Bangkalan dan Stadion Ahmad Yani, Sumenep. Klub berjuluk Sape Kerap musim lalu juga pernah berlaga di Stadion Ahmad Yani ketika melakoni laga pamungkas menjamu Persela Lamongan.

“Stadion utama tetap Gelora Bangkalan. Sedangkan Stadion A Yani sebagai alternatif kalau memang dibutuhkan. Mungkin kami akan memakai dua-duanya karena Persepam ingin mengakomodir supporter yang berada di seluruh penjuru Madura,” ujar Manajer Persepam Achsanul Qosasih.

Tim verifikasi rencananya bakal mendatangi Gelora Bangkalan dan Stadion Ahmad Yani pada 1 Desember. Manajemen Persepam optimistis dua stadion tersebut lolos verifikasi karena musim lalu pernah dijadikan kandang tim pertama dari Madura yang bermain di ISL tersebut.

Sementara, selain enam stadion tersebut, ada empat stadion lain yang juga menjadi kandang klub-klub liga unifikasi. Dari Malang ada Stadion Kanjuruhan dan Stadion Gajayana, Stadion Brawijaya milik Persik Kediri, serta Stadion Petrokimia markas Persegres Gresik United.

Stadion Gajayana? Ya. Bekas kandang Persema Malang tersebut rencananya bakal dipakai Persepar Palangkaraya musim depan. Kebetulan stadion tersebut sedang menganggur karena tak ada klub profesional yang bertanding di sana. Tim verifikasi bakal mendatangi Gajayana pada 28 November mendatang.

Sementara, dari 10 stadion di Jawa Timur yang didaftarkan ke PSSI, hanya dua yang tidak tercatat dalam jadwal verifikasi yakni Stadion Kanjuruhan dan Stadion Petrokimia. Dikabarkan dua stadion tersebut sudah tak perlu diverifikasi karena pernah dipakai untuk laga internasional.

Stadion Kanjuruhan milik Arema Cronous menjadi salah satu stadion terbesar di Jawa Timur dan beberapa waktu lalu digunakan untuk beberapa laga internasional. Sedangkan Stadion Petrokimia Gresik sempat digunakan sebagai venue Piala AFF U-19 September silam.

Pemakaian Stadion Di Jawa Timur:

-Persebaya Surabaya : Gelora Bung Tomo dan Gelora 10 Nopember

-Persela Lamongan : Stadion Surajaya dan Stadion Wilis

-Persepam Madura : Gelora Bangkalan dan Stadion Ahmad Yani

-Arema Cronous : Stadion Kanjuruhan

-Persegres Gresik : Stadion Petrokimia

-Persik Kediri : Stadion Brawijaya

-Persepar Palangkaraya : Stadion Gajayana
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7688 seconds (0.1#10.140)