Emmanuel Bett dan Sofia Assefa juarai lari lintas alam 2013

Senin, 25 November 2013 - 14:05 WIB
Emmanuel Bett dan Sofia Assefa juarai lari lintas alam 2013
Emmanuel Bett dan Sofia Assefa juarai lari lintas alam 2013
A A A
Sindonews.com - Pelari Kenya, Emmanuel Bett, akhirnya menjuarai lari lintas alam ke 32 yang berlangsung di Madrid, Minggu (24/11/2013) waktu setempat, dengan catatan waktu 28 menit. Sedangkan di kategori wanita diraih pelari Ethiopia Sofia Assefa dengan waktu 25 menit 33 detik.

Bett yang merupakan peraih medali perunggu pada nomor lari 10 km di ajang kejuaraan dunia IAAF Cross Country 2012 di Eritrea, finish terlebih dahulu didepan pelari Eritrea, Teklemariam Medhin.

Memulai lomba lomba di hari yang cerah namun bersuhu dingin, Emmanuel Bett berjuang sejak di dua kilo meter awal dengan mantan juara Eropa asal Spanyol, Arturo Casado dan Antonio Jimenez.

Selain itu, Bett juga bersaing ketat dengan rekan senegaranya Japhet Korir, pelari Eritrea peraih medali emas IAAF Cross Country 2012, Medhin dan Goitom Kifle serta pelari Uganda, Timothy Toroitchi yang membuntutinya dari belakang.

Namun Bett tidak berhenti. Satu setengah kilo meter lagi Bett akan naik kepodium sebagai yang pertama. Setelah mampu melewati Kifle dan Toroitich yang mulai goyah, Bett masih menyisakan satu lawan di track lurus, yakni Medhin.

Akhirnya, Bett mampu menyalip Medhin pada 200 meter jelang finish, sekaligus mencegah pelari Eritrea tersebut untuk mempertahankan gelarnya yang dibuatnya 12 bulan lalu.

"Saya lebih suka jalur biasa daripada lintasan alam karena saya suka berjalan dengan cepat dan itu jauh lebih sulit di lintas alam di mana ada banyak pasang dan surut," kata Bett.

"Pokoknya, aku senang dengan pencapaian saya hari ini. Saya menjadi runner-up Minggu lalu (di Atapuerca) dan menang hari ini nomor jarak pendek tur Eropa lintas negara saya. Saya sekarang akan kembali ke Kenya di mana saya akan mengambil istirahat kompetisi sebelum kembali ke Eropa awal tahun depan," tutup Emmanuel Bett.

Sementara itu, Sofia Assefa berhasil menjadi yang tercepat dikategori wanita dengan mencatatkan waktu 25 menit 33 detk didepan pelari malika Asahssah dengan mencatatkan waktu 26 menit 41 detik.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6290 seconds (0.1#10.140)