Papua daftar tuan rumah PON 2020

Senin, 25 November 2013 - 20:30 WIB
Papua daftar tuan rumah PON 2020
Papua daftar tuan rumah PON 2020
A A A
Sindonews.com - Provinsi Papua secara resmi mengajukan diri sebagai calon tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020. Tim sukses Papua telah mendaftarkan diri secara langsung ke Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Jakarta, Senin (25/11).

Untuk menjadi tuan rumah PON 2020, Papua harus bersaing dengan beberapa provinsi seperti Jawa Tengah, Bali, dan Sulawesi Tenggara.

"Saat ini adalah hari yang bersejarah. Untuk pertama kalinya Papua mencalonkan diri sabagai calon tuan rumah PON tahun 2020. Ini adalah keinginan dari masyarakat Papua," kata Ketua KONI Papua, Lucas Enembe di Jakarta, Senin (25/11/2013).

Menurut dia, masyarakat Papua sebagai bagian dari bangsa Indonesia juga memiliki hak yang sama termasuk dalam membuktikan diri menjadi tuan rumah dalam kegiatan berskala nasional.

"PON di Papua bernilai strategis dan sekaligus mempertegas kebersamaan masyarakat Indonesia dari Aceh sampai Papua," lanjut Lucas.

Demi menyukseskan kejuaraan empat tahunan ini, kata dia, pihaknya telah menyiapkan beberapa model pelaksanaan. Persiapan dipusatkan di Jayapura, dibagi dengan beberapa kabupaten dengan menggunakan konsep "cluster".

Khusus untuk model pembagian, ada lima kabupaten yang siap menggelar kejuaraan empat tahunan itu yakni Timika, Mimika, Wamena, dan Sorong.

Selain itu, pihaknya juga terus mencari dukungan kepada KONI-KONI daerah. Munurut Lucas Enembe, respon daerah lain cukup tinggi, sehingga Papua optimis terpilih menjadi tuan rumah PON 2020.

"Kami telah melakukan 'roadshow' ke daerah-daerah. Respon mereka cukup bagus. Memang, masih banyak kendala terutama masalah akomodasi. Tentu kondisi ini akan menjadi perhatian khusus," ucapnya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4864 seconds (0.1#10.140)