Jabar rebut tiga medali atletik

Selasa, 26 November 2013 - 14:38 WIB
Jabar rebut tiga medali atletik
Jabar rebut tiga medali atletik
A A A
Sindonews.com - Provinsi Jawa Barat memperoleh medali untuk yang pertama di cabang olahraga atletik pada Pekan Olahraga Mahasiswa (Pomnas) ke-XIII di DI Yogyakarta. Atlet dari daerah tersebut, meraih tiga medali, di antaranya satu emas dan dua perunggu.

Pelatih dari Jawa Barat, cabang atletik, Rika Fardani mengatakan, sebelum bertanding, seluruh atletnya tidak diberikan target sama sekali. Hanya berdasar keyakinan, mereka bisa melakukan yang terbaik untuk membanggakan Perguruan Tinggi (PT) yang dibelanya.

''Tidak ada target sama sekali. Untuk yang tolak peluru putra, sudah lumayan dapat perunggu,” kata dia, ditemui Selasa (26/11).

Sebenarnya, di kelas tolak peluru putra, menurutnya bisa meraih lebih baik lagi. Namun, karena atlet yang bersangkutan sedang sakit sejak datang ke Yogya, hanya bisa meraih perunggu. Saat bertanding pun, atlet tersebut masih menahan sakitnya. ''Dia masih sakit tuh,”tuturnya.

Selain dari tolak peluru putra, atlet tolak peluru putri juga berhasil meraih medali emas. Eki Febri Ekawati mampu menyumbangkan emas yang pertama kalinya untuk Jawa Barat. ''Perunggu kita dapatkan juga di kelas jalan cepat,” ujarnya.

Alan Kurniawan, atlet dari tolak peluru putra yang mendapatkan perunggu tersebut mengungkapkan, memang kondisinya saat final sedang tidak fit. Namun, dirinya sudah bersyukur, dan medalinya tersebut dipersembahkan untuk orangtuanya. “Lagi diare mas. Kalau tidak, saya pasti dapat emas,” ujarnya.

Di cabang ini, memang pada Selasa (26/11) siang kemarin, beberapa kelas sudah memasuki babak final. Di antaranya, tolak peluru putra dan putri, lompat jauh putri, dan jalan cepat. Tolak peluru putra, emas diraih dari Nusa Tenggara Barat (NTB), perak dari DIY, dan perunggu dari Jawa Barat.

Untuk tolak peluru putri, medali emas diraih dari Jawa Barat, perak oleh NTB dan perunggu diraih atlet dari Jawa Tengah. Sementara, untuk jalan cepat 10.000 meter putri, medali emas didapatkan oleh Bangka Belitung (Babel), perak diraih atlet dari Jawa Timur, dan perunggu dari Jawa Barat.

Keseluruhan medali yang diperebutkan dalam cabang ini sejumlah 32. Sebanyak 17 untuk putra dan sisanya 17 untuk putri. Keseluruhan atlet yang diturunkan di cabang ini, masih di kelas amatir dan tidak ada yang ikut dalam Pelatnas untuk SEA Games.

Seluruh daerah, sebanyak 32 Provinsi di cabang ini ikut berpatisipasi. ''Ada 34 medali yang diperebutkan. Sampai besok, atletik masih ada pertandingan,” kata Ketua Panitia Penyelenggara Cabang Olahraga Atletik, Aris Priyanto.

Menurutnya, kompetisi ini , selain sebagai tolak ukur pembinaan atlet dari tingkat mahasiswa, tiap daerah juga menggunakannya untuk persiapan di ajang selanjutnya. Seperti, kompetisi Pekan Olahraga Mahasiswa se- ASEAN.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6597 seconds (0.1#10.140)