RD bakar spirit juara Garuda Muda di Pulau Pelangi

Selasa, 26 November 2013 - 18:43 WIB
RD bakar spirit juara Garuda Muda di Pulau Pelangi
RD bakar spirit juara Garuda Muda di Pulau Pelangi
A A A
Sindonews.com - Sukses menjuarai turnamen sepak bola internasional MNC Cup, Tim Nasional Indonesia U-23 setel kencang menyiapkan diri menghadapi SEA Games XXVII. Di bawah kendali Rahmad Darmawan, Garuda Muda, julukan Timnas U-23, langsung menjalani sesi peningkatan motivasi secara tim.
Sehari setelah sukses sebagai juara MNC Cup, RD yang telah memangkas 26 nama skuad Timnas U-23 menjadi 20 pemain langsung difokuskan menjalani persiapan lanjutan di Pulau Pelangi, Kepulauan Seribu, Jakarta.

RD, sapaan akrab Rahmad Darmawan, menjadikan kegiatan tersebut sebagai ajang untuk memompa motivasi Kurnia Meiga dkk. ''Kegiatan ini sebagai ajang untuk meningkatkan motivasi dari para pemain. Apalagi setelah mereka menjalani turnamen yang cukup padat selama empat hari,”ungkap RD

Apa yang diterapkan tim kepelatihan Timnas U-23 tersebut, diakui RD bukanlah kali pertama. Karena saat menggelar pelatihan nasional (pelatnas) di Yogyakarta, kegiatan serupa sempat dilakukan. Dan RD menilai, kegiatan tersebut cukup memberikan dampak positif.

''Kegiatan seperti ini dilakukan untuk memotivasi pemain. Supaya mereka mempunyai semangat juang tinggi di setiap pertandingan yang akan dilakukan. Kegiatan seperti ini sudah kami lakukan sejak Pelatnas di Yogyakarta,” katanya.

Tergabung dalam Grup B di SEA Games 2013 Myanmar bersama Thailand, Kamboja, Timor Leste, dan tuan rumah Myanmar, jadwal yang begitu padat dijalani Garuda Muda dalam dua bulan terakhir (Oktober dan November). Termasuk ajang MNC Cup, sudah sembilan kali Timnas U-23 menjalani laga uji coba.

Laga pemanasan di bulan Oktober, diawali menang, 1-0, dari PSS Sleman, (26/10), selanjutnya kalah mengejutkan dari klub Divisi I, Persibat Batang, 1-2, (27/10). Adapun uji coba terakhir di 30 Oktober, timnas U-23 ditahan Timor Leste, 0-0. Berikutnya dua uji coba di Hong Kong yaitu menang, 3-0, dari Citizen AA, (12/11), dan kalah, 0-1, dari Sun Pegasus, dua hari berselang.

Setelah itu, timnas Garuda Muda pun memasuki fase uji coba terakhir dengan mengikuti ajang MNC Cup. Perjalanan timnas U-23, diawali dengan menggasak Laos, 3-0, (21/11), dilanjut mencukur Papua Nugini, 6-0, (22/11), dipartai terakhir unggul tipis, 2-1, dari Maladewa, (24/11).

Dari serangkaian uji coba, akhirnya dicoret enam nama baru yaitu Oktovianus ‘Okto’ Maniani, Aldaier Makatindu, Shahar Ginanjar, Sunarto, Fandry Imbiri, dan Syakir Sulaiman. Soalnya padatnya uji coba yang dilakukan, hal itu memang menjadi bagian dari rencana PSSI dan Badan Tim Nasional (BTN).

“Kami memang sedang mencoba membangun program timnas baik untuk senior maupun timnas U-23. Dimana kemungkinan, kami akan terus mengusahakan laga uji cpba untuk masing-masing timnas yaitu 10 uji coba. Dan jika di total ada 20 laga uji coba buntuk kedua timnas tersebut,” jelas Sekertaris Jendral (Sekjen) PSSI, Joko Driyono.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7512 seconds (0.1#10.140)