Sejarah kota baru Nay Pyi Taw

Kamis, 05 Desember 2013 - 18:43 WIB
Sejarah kota baru Nay Pyi Taw
Sejarah kota baru Nay Pyi Taw
A A A
Sindonews.com - Naypyidaw (juga dibaca Nay Pyi Taw) merupakan ibu kota nasional Myanmar yang sekarang. Berlokasi di Desa Kyatpyae, Kota Pyinmana, Provinsi Mandalay. Dimana pada kota ini akan berlangsungnya perhelatan pesta olahraga negara-negara ASEAN, SEA Games XXVII 2013.

Kyatpyae dalam bahasa Myanmar berarti "lari di bawah perjuangan". Naypyidaw berarti 'Kota/Istana Kerajaan', tetapi juga diartikan sebagai 'singgasana raja'".

Kegiatan administrasi ibu kota Myanmar secara resmi dipindahkan ke sebuah lahan kosong sekitar dua mil barat Pyinmana pada 6 November 2005. Naypyidaw kurang lebih 320 kilometer di sebelah utara Yangon. Nama resmi ibu kota diumumkan pada saat Hari Angkatan Militer (Armed Forces Day) pada Maret 2006.

Pyinmana dahulu adalah markas dari Tentara Kemerdekaan Burma dan direorganisasikan ke Tentara Nasional Burma oleh Kekaisaran Jepang. Di Pyinmana inilah tentara dan karyawan Tentara Nasional Burma dilatih. Kemudian Tentara Nasional Burma berubah jalur, menjalin kerja sama dengan pejuang gerilya, dan operasi tersebut adalah sebuah keberhasilan bagi orang-orang Burma. Pyinmana menjadi sebuah icon dalam Tentara Burma, sebagai tempat dimana 'penyerang superior' dikalahkan oleh orang-orang Burma.

Pada 27 Maret 2006, lebih dari 12.000 tentara berbaris di ibu kota baru dalam acara publik pertamanya: sebuah parade militer besar untuk menandakan Armed Forces Day (Hari Angkatan Bersenjata), yang dimana adalah hari kebangkitan Burma (1945) terhadap pendudukan Jepang. Kota tersebut secara resmi dinamai Naypyidaw yang dibaca dibaca Nay Pyi Taw, pada saat upacara tersebut.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0204 seconds (0.1#10.140)