25 Pelari dunia ramaikan Semi-Marathon Makassar 2013

Jum'at, 06 Desember 2013 - 13:43 WIB
25 Pelari dunia ramaikan Semi-Marathon Makassar 2013
25 Pelari dunia ramaikan Semi-Marathon Makassar 2013
A A A
Sindonews.com - Sekira 25 pelari kelas dunia dipastikan tampil dalam ajang lomba lari 21 kilometer (21k) memperebutkan total hadiah Rp512 juta. Ajang bernama resmi 'So Good Makassar Semi Marathon 2013' ini dihelat pada 8 Desember mendatang.

Di antara 25 pelari elit itu akan turut ambil bagian atlet asal tiga negara Afrika; Kenya, Ethiopia, dan Nigeria. Sisanya berasal dari Jepang, Amerika Serikat, Belanda, Denmark, Austria, Australia, Korea Selatan, Filipina, dan tuan rumah Indonesia.

Kategori lomba selengkapnya di event ini mencakup tiga nomor. Masing-masing 21k, 10k, dan 5k terbuka untuk umum (nasional dan internasional). Serta 5k khusus bagi pelajar sebagai kancah kompetisi pembibitan atlet muda.

Lokasi start dan finis mengambil tempat di salah satu ikon kota Makassar, yakni Pantai Losari. Berdasarkan peta, rute perlombaan meliputi lima landmark terkenal di ibu kota Negeri Anging Mammiri.

Para pelari akan diajak menjejaki Pantai Losari - Benteng Fort Rotterdam - Gedung Kesenian Societet de Harmonie - Lapangan Karebosi - Monumen Mandala - dan kembali ke Pantai Losari. Lomba lari semi-marathon ini memang hendak mengangkat spirit wisata olahraga.

"Program wisata olahraga memiliki peran strategis karena berpotensi meningkatkan kualitas kunjungan wisatawan dari segi lamanya kunjungan maupun pengeluaran wisata selama kunjungan itu," ungkap Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin, yang menggagas dan sekaligus menjadi ketua penyelenggara, kepada Sindo di Makassar, Jumat (6/12/2013).

Ilham menghimbau kepada masyarakat kota Makassar, masih ada kesempatan mendaftar sampai tanggal 7 Desember di Lapangan Karebosi pada saat pengambilan peralatan marathon.

Disebutkan, kesempatan itu tinggal untuk menjaring 1.000-an orang peserta lagi. Target peserta yang dikehendaki mengikuti lomba sebanyak lima ribu. Hingga saat ini, baru empat ribu pelari yang mendaftarkan diri.

"Ini adalah sejarah bagi kita karena kita tahu visi Makassar adalah sebagai 'Kota Dunia'. Itu sejalan dengan apa yang akan kita buat pada tanggal 8 Desember nanti," tutur Danny Pomanto, Walikota Makassar terpilih periode 2014-2019.

Kendati Kota Dunia menggelar semi-marathon yang diikuti pelari kelas dunia, namun pihak penyelenggara sendiri tidak menyediakan hadiah spesial bila rekor dunia pecah di Makassar.

Diketahui, rekor dunia lomba semi-marathon saat ini tercatat secara resmi di organisasi atletik dunia IAAF (International Association of Athletics Federations). Bagian putra dirajai oleh Zersenay Tadese dari Eritrea dengan catatan waktu 58:23 (58 menit 23 detik) yang dibukukan pada 21 Maret 2010 di Lisabon, Portugal. Sedangkan di bagian putri Mary Keitany dari Kenya membukukan rekor 1 jam 05:50 pada 18 Februari 2011, di Ras al-Khaimah, Uni Emirat Arab

Menurut jadwal, bendera start 'So Good Makassar Semi Marathon 2013' berkibar pada pukul 5.15 WITA, 8 Desember 2013. Diperkirakan saat peserta selesai berlomba, mereka dapat langsung menikmati indahnya cahaya pagi di Pantai Losari kala matahari terbit di ufuk nun jauh dari Selat Makassar.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4767 seconds (0.1#10.140)