Makassar Semi Marathon 2014 Lebih Besar

Minggu, 08 Desember 2013 - 15:02 WIB
Makassar Semi Marathon 2014 Lebih Besar
Makassar Semi Marathon 2014 Lebih Besar
A A A
Sindonews.com – Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin optimistis Makassar Semi Marathon 2014 diselenggarakan dalam skala yang lebih besar dengan jumlah peserta dan negara yang berpartisipasi meningkat.

Pernyataan itu dikemukakan Ilham disela-sela penyelenggaraan Makassar Semi Marathon 2013 yang mengambil start dan finish di Jalan Penghibur Pantai Losari, kemarin. Ilham menilai, kegiatan tersebut berjakan sukses dan banyak kejutan.

Salah satunya adalah jumlah peserta dari luar negeri yang berjumlah 50 orang. Sebanyak 35 diantaranya berasal dari Kenya, Ethiopia dan Nigeria. Selama ini mereka sering mewakili negaranya di ajang olimpiade atletik dunia.

Selebihnya berasal dari Belanda, Denmark, Austria, Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan Australia, dan Philipina. “Padahal sebelum kegiatan, atlet lari dunia yang mengkonfirmasi akan hadir hanya 16 orang,” katanya di Makassar, kemarin.

Karena itu, Ilham yang juga Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sulsel ini sangat yakin akan memasukkan kegiatan ini dalam kalender Pemkot Makassar 2014. “Ini lomba marathon pertama di Makassar. Kita akan diagendakan dengan skala lebih besar di 2014,” jelasnya.

Ilham yang segera mengakhiri masa jabatannya April 2014 setelah 10 tahun memimpin Makassar, ajang atletik ini tujuan utamanya untuk menarik wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Makassar. Sebab Selama ini, lanjut dia, olahragawan luar negeri hanya mengenal Jakarta dan Bali.

Dengan diselenggarakannya Makassar Semi Marathon 2013, kota berjuluk “Anging Mammiri” ini semakin dikenal diluar negeri. Jika selama ini yang berkunjung ke Makassar kebanyakan pelancong, maka kegiatan ini membuka tirai bagi wisatawan yang suka olahraga dan petualangan.

Ilham juga menjanjikan hadiah yang lebis besar untuk menarik peserta pada penyelenggaraan Makassar Semi Maraton 2014. Dengan hasil yang dicapai kemarin, Ilham yakin pengusaha akan semakin tertarik untuk membiayai kegiatan serupa pada tahun mendatang.

Walikota terpilih 2014 Danny Pomanto yang akan dilantik Mei tahun depan, menyatakan siap membesarkan kegiatan ini. Danny mengaku sudah menyiapkan sejumlah agenda lain sebelum maupun sesudah puncak Makassar Semi Marathon.

“Kita akan buat even sebelum masuk dan sesudah kegiatan ini seperti kegiatan pariwisata. Sehingga peserta akan tinggal lebih lama di Makassar,” jelasnya.

Sementara, Direktur Marketing PT So Good Food, Denny Gumulya berharap semarak So Good Makassar Semi Marathon 2013 dilaksanakan setiap tahun oleh Pemkot Makassar. Dia yakin, kegiatan ini akan mengangkat Makassar sebagai destinasi wisata yang maju dan kompetitif.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7417 seconds (0.1#10.140)
pixels