Arema dijagokan ke final, Suharno ogah takabur

Selasa, 10 Desember 2013 - 14:47 WIB
Arema dijagokan ke final, Suharno ogah takabur
Arema dijagokan ke final, Suharno ogah takabur
A A A
Sindonews.com - Arema Cronous berpotensi paling besar melaju ke final Piala Gubernur (PG) Jawa Timur 2013. Ada sejumlah faktor yang menjadikan Arema sangat layak dijagokan bakal menjadi penguasa Grup B yang dipusatkan di Stadion Kanjuruhan.

Faktor tuan rumah tentu menjadi pertimbangan paling utama. Faktor lainnya adalah pesaing yang berada di grup B, yakni Persegres Gresik United, Persik Kediri dan Sriwijaya FC. Tiga tim tersebut levelnya berada di bawah tuan rumah dan belum pernah mencatat kemenangan ketika berlaga di Kanjuruhan.

Musim lalu di Indonesia Super League (ISL) hanya Persegres yang berhasil menahan imbang Arema.Faktor ketiga adalah perjalanan Arema di jeda musim yang belum pernah terkalahkan, baik di laga uji coba maupun turnamen resmi. Pada September silam Singo Edan menjuarai Menpora Cup 2013 di Kanjuruhan. Selepas ISL 2012-2013, semua laga dilewati dengan hasil mutlak.

Terkini, Arema sudah mulai panas dengan mengalahkan klub asal Amerika Serikat DC United. Keberhasilan menggapai kemenangan lawan DC menyiratkan bahwa tim pujaan Aremania masih sangat stabil walau berganti tongkat kepelatihan. Cukup? Belum. Arema juga sangat fokus di PG 2013 nanti.

Klub pemegang trofi ISL 2009-2010 bahkan membatalkan dua pertandingan ujicoba menghadapi dua klub Malaysia, Sabah FA dan Sarawak FA. Itu semua menjadi faktor yang dibutuhkan tim pimpinan Suharno untuk melanjutkan grafik positif di masa pra musim sejauh ini.

"Target saya pribadi di Piala Gubernur adalah meningkatkan level permainan tim. Bagaimana pun Arema masih dalam tahap awal membangun tim dan butuh banyak memperbaiki diri. Baik secara individu pemain maupun tim, semua terus dikembangkan," tutur Pelatih Arema Suharno, dihubungi Selasa (10/12).

Walau diprediksi bakal melaju mulus ke final, Suharno pilih tidak takabur dan fokus pada progres timnya. Menurutnya semua tim peserta PG memiliki kekuatan baru dan bisa berpotensi memberikan kejutan. Untuk itu pihaknya lebih konsentrasi pada tiap pertandingan.

Arema kemungkinan sudah bakal berkomposisi komplit karena diperkirakan ada tambahan pemain asing yakni Gustavo Lopez. Dijadwalkan pemain Argentina yang musim lalu berkostum Persela Lamongan tersebut sudah tiba di Malang paling lambat 12 Desember. Dengan kekuatan yang lebih lengkap, tentu memberikan peluang kepada Suharno untuk lebih banyak berimprovisasi.

"Semua pemain saya pastikan siap untuk Piala Gubernur. Kalau pun ada kendala, mungkin hanya kondisi fisik yang belum stabil. Tapi itu tak masalah karena memang semua masih tahap pembenahan," tandasnya.

Menurut jadwal yang dirilis panitia PG 2013, Arema bakal memulai pertarungan pada 16 Desember menghadapi Sriwijaya FC. Laga berikutnya bakal digelar pada 18 Desember kontra Persegres Gresik. Ini merupakan pertandingan reuni bagi Suharno yang musim lalu diberhentikan dari posisi pelatih Persegres bahkan sebelum paruh musim.

Kemudian ditutup pertarungan lawan rival berat Persik Kediri pada 20 Desember. Dari empat tim di Grup B, Persik menjadi underdog karena paling lambat dalam persiapan menuju liga unifikasi 2014.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8520 seconds (0.1#10.140)