Sriwijaya bangun kerangka tim terbaik

Selasa, 10 Desember 2013 - 17:28 WIB
Sriwijaya bangun kerangka...
Sriwijaya bangun kerangka tim terbaik
A A A
Sindonews.com - Sriwijaya FC tidak akanmemasang target muluk-muluk pada turnamen Piala Gubernur Jawa Timur 2013 yang akan dihelat 14-22 Desember 2013 nanti. Kendati demikian, pasukan Laskar Wong Kito akan tetap tampil serius dan dengan kekuatan penuh.

Pelatih Sriwijaya FC Subangkit menegaskan, timnya tidak akan tampil memalukan pada ajang yang diikuti oleh delapan klub papan atas Indonesia Super League (ISL) tersebut. Dia bahkan telah menginstruksikan kepada seluruh pemain agar bermain lepas dan mengeluarkan seluruh kemampuan terbaiknya.

"Ajang tersebut masih sebagai rangkaian persiapan pramusim. Kami akan memaksimalkan hasil latihan dan terus mencoba mencari kerangka tim terbaik. Juara bukan jadi yang utama, tapi membentuk kekompakan tim. Kami akan main dengan maksimal dan bekerja keras," kata Subangkit saat dihubungi.

Mantan arsitek Persiwa Wamena ini mengatakan, hasil drawing terbaru SFC akan tergabung di Grup B bersama Persegres Gresik United, PSM dan Arema Indonesia. Grup B rencananya akan bermain di Stadion Kanjuruhan.

Meski persaingan di grup ini diakuinya cukup berat, namun menurut dia turnamen pra musim ini sangat bagus untuk mengasah kolektivitas permainan Laskar Wong Kito. Kemenangan 2-1 saat melakoni uji coba menghadapi Sabah FA beberapa waktu lalu menurut Subangkit, belum menjadi jaminan timnya akan dengan mudah menghadapi perlawanan ketiga tim lainnya.

Apalagi lanjut dia, permainan Erol Iba dan kawan-kawan masih banyak yang harus dibenahi. Terutama soal disiplin posisi. "Turnamen ini sangat baik untuk mengasah dan melatih kekompakan seluruh pemain dalam tim. Semua pemain akan saya coba, sehingga bisa mengetahui kualitas seluruh pemain. Sebab komposisi pemain dalam tim masih saja bisa berubah, tergantung penampilan mereka selama turnamen nanti,"jelasnya.

Demi memfokuskan pada turnamen ini, Subangkit memastikan SFC tidak akan melakukan agenda uji coba lainnya. Bahkan pihaknya menolak tawaran dari tim asal Malaysia lainnya, Selangor FC (11/12) karena dia ingin lebih fokus ke persiapan Piala Gubernur Jatim 2013.

''Kalau kita lawan Selangor juga pada Rabu (11/12) nanti, pemain otomatis akan kelelahan dan potensi cederanya jauh lebih besar,” katanya.

Karena itu, seminggu ke depan anak asuhnya akan benar-benar fokus mempersiapkan diri jelang kejuaraan itu dengan membenahi transisi permainan Erol Iba dkk yang dinilai masih kurang begitu baik. Hal menurut dia terlihat saat SFC melawan Sabah FA. Pasalnya, meski berhasil meraih kemenangan namun disiplin anak asuhnya dalam melakukan transisi masih belum sesuai yang diinginkannya..

''Saya akan benahi transisi pemain dulu, baik dari menyerang ke bertahan ataupun sebaliknya. Ini penting karena gaya permainan sepak bola modern saat ini semua pemain memang harus mau berkerja keras, dengan membantu serangan maupun pertahanan,” lugasnya.

Sementara itu, meski masih bersatus trial, namun dengan bergabungnya gelandang asal Persisam Samarinda, Budiawan dipastikan menambah ketat persaingan memperebutkan posisi inti terutama di posisi gelandang maupun sayap.

Sekretaris Tim, Aulia Septian mengungkapkan, pihaknya menyerahkan sepenuhnya keputusan mengenai Budiawan kepada jajaran pelatih, dalam menilai sejauh mana kualitas dari mantan pemain Persib Bandung U-21 itu.

''Bisa jadi keputusannya mengenai Budiawan baru akan diambil setelah tim melakoni Training Camp di Malang, karena pelatih tentu akan melihat lebih jauh bagaimana visi bermainnya dalam turnamen Piala Gubernur Jatim 2013 nanti,”paparnya.

Budiawan sendiri sudah bergabung bersama para pemain SFC lainnya di Malang sejak Minggu (8/12/2013). Bahkan pada laga uji coba melawan Sabah FA sore Minggu sore, pemain berpostur mungil itu sempat diturunkan pada babak kedua dengan menggantikan peran Siswanto.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0737 seconds (0.1#10.140)