Panpel tak konsisten, Persepam diizinkan ambil bagian

Rabu, 11 Desember 2013 - 20:00 WIB
Panpel tak konsisten,...
Panpel tak konsisten, Persepam diizinkan ambil bagian
A A A
Sindonews.com - Panitia Piala Gubernur (PG) Jawa Timur 2013 tidak konsisten dalam menjalankan turnamen. Kendati sudah menggelar managers meeting pada Selasa (10/12) dan memutuskan format turnamen dua wilayah dengan delapan kontestan, ternyata diubah lagi.
Persepam Madura United yang sebelumnya menyatakan tidak terlibat di PG 2013 ternyata mengubah keputusannya dan menyatakan ikut. Itu karena Gelora Bangkalan digunakan sebagai salah satu venue dan Persepam tak mau hanya menjadi penonton di rumah sendiri.

''Tiba-tiba venue Piala Gubernur ditetapkan di Gelora Bangkalan. Jelas kami tidak ingin sekadar menjadi penonton. Kasihan suporter di Madura kalau hanya menonton tanpa melihat atau mendukung timnya ikut bertanding,” kata Manager Persepam Achsanul Qosasih enteng.

Jadilah, panitia turnamen yang juga bernama East Java Tournament dan bekerjasama dengan RCTI itu mengubah jadwal dan pembagian grup. Karena jumlah peserta membengkak menjadi sembilan klub, maka panitia memutuskan dibagi dalam tiga grup.

Grup I tetap di Stadion Surajaya Lamongan, diisi Persela Lamongan sebagai tuan rumah, PSM Makassar dan Persegres Gresik United. Sedangkan Grup II dipusatkan di Gelora Bangkalan dengan anggota Persepam Madura United, Persib Bandung dan Persebaya Surabaya.

Grup III dihuni Arema Cronous, Persik Kediri dan Sriwijaya FC, dipertandingkan di Stadion Kanjuruhan, Malang. Sebelum Persepam menyatakan gabung, panitia sebenarnya tidak memakai Stadion Surajaya, melainkan dipindah ke Stadion Bangkalan karena alasan keamanan.

Itu berlatar hubungan suporter Bonek (pendukung Persebaya) dan suporter LA Mania (supporter Persela) yang kurang harmonis. Sedangkan suporter Persib Bandung alias Viking bersahabat dekat dengan Bonek dan dikhawatirkan terjadi gesekan di Lamongan.

Ketua Panitia PG 2013 Ahmad Munir membenarkan adanya perubahan pembagian grup karena keikutsertaan Persepam. ''Setelah managers meeting Persepam menyatakan ingin ikut karena tidak mau hanya menjadi penonton di Gelora Bangkalan,” ujar Munir, Rabu (11/12) siang.

Persepam akhirnya juga menyesuaikan jadwal pertandingan dengan klub Malaysia Sabah FA. Pertandingan yang sejatinya dihelat pada Sabtu (15/12) dimajukan menjadi Jumat (14/12), Sebab pada Minggu (16/12) Persepam sudah harus bertanding di PG 2013 menghadapi Persib Bandung.

Munir sendiri menyatakan perubahan grup dengan masuknya Persepam sudah final dan tidak ada perubahan lagi. ''Ini sudah final, apalagi semua klub Jawa Timur sudah ambil bagian. Kami juga sudah berkomunikasi dengan televisi pemegang hak siar,” tukasnya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6895 seconds (0.1#10.140)