Antisipasi pola 4-3-3 mandek, Persib pertajam 4-4-2

Sabtu, 14 Desember 2013 - 06:06 WIB
Antisipasi pola 4-3-3 mandek, Persib pertajam 4-4-2
Antisipasi pola 4-3-3 mandek, Persib pertajam 4-4-2
A A A
Sindonews.com - Persib Bandung berada di Surabaya, Jawa Timur sejak Jumat (13/12) untuk mengikuti Piala Gubernur Jatim 2013. Namun skuad Pangeran Biru berangkat dalam kondisi belum sempurna. Sejumlah kekurangan dibawa ke dalam arena turnamen pramusim tersebut.

Berbagaicelah dalam skema permainan Persib terlihat pada persiapan terakhir jelang bertolak ke Jatim. Pada pertandingan persahabatan melawan Porda Purwakarta, di Lapangan PPI, Kota Bandung, Kamis (12/12), Firman Utina dkk dinilai belum menemukan performa ideal. Meski menang dengan skor 3-1, tim pelatih mengaku butuh sejumlah perbaikan agar Persib bisa berbicara banyak di Piala Gubernur Jatim.

Kecolongan satu gol menjadi sorotan utama pembenahan di skuad Pangeran Biru. Gelandang bertahan Hariono yang baru mencapai kondisi fit, dan hanya tampil di akhir pertandingan kontra Porda Purwakarta, sangat berpengaruh pada kekuatan sektor jangkar Persib.

Hampir sepanjang laga, serangan yang dibangun tim tamu kerap langsung menusuk area pertahanan, tanpa terhambat lini tengah Persib. Kondisi ini membuat duet Abdul Rahman dan pemain teranyar Vladimir Vujovic sebagai central defender harus bekerja lebih keras. ''Ya, pertahanan kami masih terlihat sedikit longgar,” kata Asisten Pelatih Persib Asep Sumantri.

Begitu pula dengan lini depan. Jika dibandingkan dengan peluang yang tercipta, tim kebanggaan warga Bandung dan Jawa Barat ini seharusnya bisa menang dengan skor telak atas Porda Purwakarta. Namun sejumlah kesempatan terbuang sia-sia karena para pemain terburu-buru mengeksekusi bola.

Striker Ferdinand Sinaga adalah salah satu pemain yang mendapat peluang paling banyak. Sedikitnya tiga kesempatan emas diperolehnya sepanjang pertandingan. Namun tendangan-tendangan yang dilepaskan selalu melenceng dari sasaran.

''Ada juga catatan untuk para penyerang. Mereka dituntut untuk lebih memanfaatkan peluang agar bisa menjadi gol. Ini akan menjadi bahan evaluasi tim pelatih,” kata Asep.

Jelang pertarungan di Jatim, Persib juga mematangkan skema cadangan. Formasi 4-4-2 digunakan saat menjamu Porda Purwakarta. Langkah ini diambil sebagai solusi ketika skema 4-2-3-1 dan 4-3-3 tak berkembang. ''Kami antisipasi mandeknya pola yang biasa dipakai, dan hasilnya cukup memuaskan,” tutur Asep.

Di Piala Gubernur Jatim, Persib tergabung dalam Grup A bersama Persebaya Surabaya dan Persepam Madura United. Laga kontra Persepam akan dilangsungkan Minggu (15/12), dan melawan Persebaya pada Kamis (19/12). Semua pertandingan Grup A digelar di Stadion Gelora Bangkalan, Madura.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8837 seconds (0.1#10.140)