Tono : Bukan tugasnya sponsor yang harus membina, tapi pemerintah

Kamis, 19 Desember 2013 - 20:22 WIB
Tono : Bukan tugasnya sponsor yang harus membina, tapi pemerintah
Tono : Bukan tugasnya sponsor yang harus membina, tapi pemerintah
A A A
Sindonews.com - Ketua Umum KONI Pusat, Mayor Jendral TNI (Purn) Tono Suratman membeberkan sayarat-syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi juara umum, saat ditemui di kantornya, Kamis (19/12). Sedikitnya ada enam komponen yang harus dilengkapi dari sebuah tim atau kontingen.

"Ada enam syarat sebagai upaya yang harus dipenuhi oleh sebuah tim atau kontingen untuk menjadi juara umum. Yang pertama adalah kebijakan nasional, yakni jadikanlah olahraga ini menjadi unggulan bangsa. Yang kedua, program dan anggaran yang jelas, yang harus diikuti, ditaati, komitmen dan konsisten. Yang ketiga adalah sarana dan prasarana," Tono menjelaskan.

"Yang selanjutnya adalah pelatih asing, kemudian pembinaan yang berkelanjutan, serta dukungan dari masyarakat secara keseluruhan. Itu enam komponen yang harus dipenuhi jika ingin menjadi juara," tambah Tono.

Mengenai anggaran, Tono mengatakan bahwa pihaknya sudah menyampaikan kepada Komisi X DPR RI, bahwa anggaran itu harus dihitung dengan unit cost, tidak bisa dihitung dengan cara gelontoran.

"Sudah kami sampaikan beberapa waktu lalu terhadap Komisi X DPR RI, bahwa anggaran itu dihitung dengan cara unit cost dan tak bisa dihitung dengan cara gelontoran. Dan unit cost nya sangat mudah sekali, ibaratnya seperti di militer, itu setiap hari, setiap bulan, terus kita melakukan pembinaan. Di olahraga ini tidak jauh beda dengan di militer, kalu itu kita ikuti saya kira sudah jalan dan tidak sulit serta tuntutannya sudah pasti juara, Kita pastinya akan transparan, karena itu semua akan dipastikan dengan prestasi," lirihnya.

Disamping itu, Tono juga mengatakan bahwa masalah pembinaan olahraga yang baik dan berkesinambungan itu merupakan tanggung jawab penuh yang harus diambil oleh pemerintah bukannya sponsor, sedangkan sposor itu sifatnya hanya mendukung saja.

"Kita jangan terlalu berharap dengan sponsor, karena dimana-mana, di negara-negara lainnya ini merupakan tanggung jawab pemerintah. Sponsor itukan hanya mendukung saja. Itu haknya mereka, apakah mau mendukung atau tidak, kecuali pada cabang-cabang yang dianggap memiliki daya tarik seperti bulutangkis, sepakbola, itu lain hal, namun untuk cabang olahraga individu, itu merupakan tugasnya pemerintah," imbuhnya.

Tono sangat yakin dan pasti melalui olahraga yang didukung penuh oleh pemerintah akan memberikan prestasi dunia dan kehormatan kepada negara. Karena dari olah raga ini akan mencerminkan karakter suatu bangsa.
"Satu tahun 1 Trilliun, dengan garansi prestasi dunia. Bisa memberikan kepada negara sebuah kehormatan, sekaligus mencegah narkoba dan perkelahian dari yang namanya olahraga," pungkasnya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3794 seconds (0.1#10.140)