Januari, fokus persiapan Persepam

Minggu, 22 Desember 2013 - 17:57 WIB
Januari, fokus persiapan Persepam
Januari, fokus persiapan Persepam
A A A
Sindonews.com --Setelah melakoni empat pertandingan pra musim, Persepam Madura United mengistirahatkan pasukannya hingga 4 Januari 2014. Saat kembali ke lapangan bulan depan, Persepam bakal lebih fokus untuk persiapan menghadapi Indonesia Super League (ISL) 2014.

Sebenarnya masih tersisa satu agenda ujicoba di akhir tahun ini, yakni menghadapi klub Malaysia Terengganu FA. Tapi karena tidak mendapatkan izin keamanan bertepatan dengan Natal dan Tahun Baru, pertandingan tersebut dihapus dan semua elemen tim diliburkan selepas laga lawan Sabah FA.

Terkait persiapan, sebenarnya pada Desember ini Sape Kerap belum melakukan persiapan secara intensif. Persepam hanya berlatih dua hari sebelum menghadapi Serawak FA pada 13 Desember, kemudian berlanjut ke East Java Tournament 2013 meladeni Persebaya dan Persib Bandung. Terakhir mereka mengalahkan Sabah FA 2-0.

Pelatih Persepam Daniel Roekito mengakui timnya belum benar-benar fokus menata semua aspek yang dibutuhkan untuk kompetisi walau sudah bertanding empat kali. "Saya belum menggarap semua kebutuhan tim sejauh ini. Jadi hanya sebatas ujicoba untuk melihat kemampuan pemain," ucap Daniel, Minggu (22/12).

Persepam membutuhkan sentuhan lebih serius, salah satunya kondisi fisik pemain yang belum mencapai level terbaik. Selama ini stamina pemain hanya terbangun di pertandingan ujicoba, sama sekali belum mendapatkan penanganan lewat latihan khusus untuk menggembleng fisik pemain.

Sejauh ini Daniel belum memastikan apakah nanti ada semacam pemusatan latihan untuk mengoptimalkan kualitas tim, baik dari sisi teknik dan fisik. "Kalau materi latihan fisik tentu ada porsi tersendiri. Tapi saya belum memutuskan apakah nanti dibuat semacam pemusatan latihan. Akan dibicarakan dengan manajemen," urai dia.

Dari empat pertandingan lalu, pelatih kelahiran Rembang, Jawa Tengah, ini menilai sudah menunjukkan progres tim Sape Kerap. Walau meggatakan masih jauh dari sempurna, dia melihat potensi yang ditunjukkan Zaenal Arif dkk cukup menggembirakan. Dia yakin Januari menjadi masa penting bagi penyempurnaan kekuatan.

"Sebulan sebelum kompetisi menjadi saat penting untuk tahap akhir penyempurnaan tim. Akan dilihat lagi apakah tim ini membutuhkan ujicoba lagi. Kalau memang ada program ujicoba, saya ingin lawan yang dihadapi berada satu level dengan Persepam. Dengan begitu bisa dilihat bagaimana perkembangannya," tandas Daniel.

Sementara, manajemen Persepam belum menutup jendela transfer seandainya Daniel Roekito merasa masih membutuhkan pemain lagi. Pada Januari nanti klub kebanggaan publik Madura akan melihat sejauh mana kebutuhan tim dengan pemain baru. Jika ada peluang, maka akan digunakan untuk menambah skuad.

"Secara teknis belum tertutup (transfer Persepam). Kami memberi kesempatan kepada pelatih hingga Januari untuk melihat seberapa penting menambah pemain. Kalau dilihat dari beberapa ujicoba, memang Persepam masih membutuhkan tambahan pemain lagi," demikian kata Manager Persepam Achsanul Qosasih
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6398 seconds (0.1#10.140)