KONI Aceh dukung penyatuan KONI-KOI

Selasa, 31 Desember 2013 - 16:06 WIB
KONI Aceh dukung penyatuan KONI-KOI
KONI Aceh dukung penyatuan KONI-KOI
A A A
Sindonews.com - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Aceh mendukung keinginan menpora Roy Suryo, perihal penyatuan kembali dua induk organisasi KONI dan KOI demi kemajuan prestasi olahraga Indonesia di pentas Internasional.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Umum KONI Aceh, M. Saleh, karena menurutnya dualisme ini sebagai salah satu pemicu olahraga Indonesia amburadul.

“Dualisme kepemimpinan diolahraga antara KONI-KOI membuat program tumpang tindih. Kami mendukung usul Menpora untuk menyatukan keduanya. Adanya dualisme ini, secara sadar atau tidak, telah mempengaruhi persiapan atlet menghadapi SEA Games Myanmar 2013 yang lalu.” ucap Saleh.

Saleh mencontohkan, pada pelaksanaan program pemusatan latihan SEA Games lalu, pelaksanaan program pemusatan latihan tak maksimal, terutama soal gizi dan uang saku atlet.Kondisi ini mengakibatkan psikologis, terutama atlet asal daerah mengalami gangguan.

"Ya, dari laporan yang kami terima, untuk beli obat-obatan harus memakai uang pribadi terlebih dahulu," ungkap Saleh, mengungkapkan laporan yang dia terima.

Sementara itu, sebelumnya, Menpora Roy Suryo menjadwalkan pada awal tahun 2014 ini akan ada forum pertemuan antara Pemerintah, KONI, dan KOI untuk membahas penyatuan kembali dua lembaga olahraga tersebut.

"Januari tahun depan kami akan duduk bersama mencari solusi terbaik seperti yang diinginkan masyarakat untuk kembali menyatukan KOI dan KONI," kata Menpora di Jakarta, Senin (30/12/13).

Roy Suryo pun merasakan bahwa sebelum SEA Games 2013 Myanmar, dirinya sudah melihat tidak adanya ketidak beresan harmonisasi di antara KONI dan KOI.

"Bagaimana mungkin ada dua bagian dalam satu unit keolahragaan, yang mengurus pembinaan dan pengiriman atlet, dan berdiri sendiri-sendiri," kata dia. Makanya, saya sangat setuju kalau dua badan itu disatukan lagi," ucap Roy dia menegaskan.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9267 seconds (0.1#10.140)