Setan Merah mengenang Tragedi Muenchen 1958

Kamis, 06 Februari 2014 - 18:33 WIB
Setan Merah mengenang Tragedi Muenchen 1958
Setan Merah mengenang Tragedi Muenchen 1958
A A A
Sindonews.com – Hari ini, 6 Februari menjadi hari paling menyedihkan buat klub Manchester United. Ya, hari ini pada 56 tahun lalu, klub berjuluk Setan Merah itu mendapat berita duka ketika delapan pemainnya dan 15 orang lainnya tewas dalam tragedi kecelakaan pesawat di Muenchen, Jerman.

Kecelakaan terjadi ketika British European Airways dengan penerbangan 609 jatuh pada usaha ketiganya untuk lepas landas dari kubangan lumpur yang menyelimuti landasan. Di dalam pesawat terdapat para pemain Manchester United yang bersinar kala itu , dijuluki "Busby Babes", bersama dengan sejumlah pendukung dan wartawan. 20 dari 44 orang di pesawat tewas dalam kecelakaan.

Yang terluka, beberapa di antaranya sudah tak sadarkan diri, dibawa ke Rumah Sakit Rechts der Isar di Muenchen di mana 3 orang meninggal, sehingga yang selamat hanya 21 orang.

Tim United ketika itu dalam perjalanan kembali dari sebuah pertandingan kejuaraan Eropa 1957-1958 di Beograd, Yugoslavia, melawan Red Star Belgrade. Pesawat yang mereka tumpangi terpaksa harus berhenti di Muench untuk mengisi bahan bakar, sebagai akibat dari perjalanan non-stop Belgrade ke Manchester.

Setelah gagal dalam upaya lepas landas, kapten pesawat tidak menyerah dan melakukan usaha ketiganya. Pada saat upaya ketiga, mulai turun salju sehingga menyebabkan lapisan lumpur di ujung landasan. Ketika pesawat menyentuh lumpur, pesawat kehilangan kecepatan dan membuat pesawat tidak dapat lepas landas.

Pesawat lalu menabrak pagar dan melewati ujung landasan, sebelum sayap pesawat membentur rumah terdekat sehingga sobek.

Untuk mengenang tragedi itu, United memposting tulisan di akun twitter. “Hari ini #MUFC berhenti sejenak untuk mengenang mereka yang meninggal dalam kecelakaan pesaeat di Muenchen, 6 Februari 1958. #Flowersof Manchester”

Lalu dilanjutkan dengan memposting, “23 orang meninggal dalam tragedi Muenchen, termasuk 8 diantaranya pemain MUFC dan tiga staf klub#flowersofmanchester.”
(irc)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8173 seconds (0.1#10.140)
pixels