Garuda Muda lakoni 7 tingkatan Pelatnas

Selasa, 25 Februari 2014 - 06:53 WIB
Garuda Muda lakoni 7 tingkatan Pelatnas
Garuda Muda lakoni 7 tingkatan Pelatnas
A A A
Sindonews.com - Tim nasional (Timnas) U-23 Indonesia akan menjalani tujuh fase pelatihan nasional (pelatnas) sebelum berlaga di Asian Games XVII/2014. Kemungkinan besar akan banyak arus pemain yang keluar-masuk dalam proses seleksi skuad Garuda Muda, julukan Timnas U-23.

Di bawah kendali Aji Santoso, Timnas U-23 memang telah menetapkan beberapa hal. Seperti di antaranya dengan memanggil 28 pemain yang akan menjalani pelatnas tahap pertama di Yogyakarta pada 25 Februari mendatang. Tidak hanya itu, skuad Garuda Muda pun siap menjajal Timnas U-23 Malaysia, 5 Maret mendatang.

Aji yang mantan asisten pelatih diajang SEA Games 2011 dan 2013 tersebut menyatakan, jika dirinya mempunyai banyak waktu untuk menentukan skuad terbaik. Tujuh fase uji coba yang akan dilewati skuad Garuda Muda pun, adalah salah satu celah yang bisa dimanfaatkan Aji untuk mendapatkan komposisi terbaik.

"Pemusatan latihan sendiri rencanaya memang akan berjalan hingga tujuh fase. Saya akan terus memantau pemain-pemain yang bagus. Karena hanya pemain-pemain terbaiklah, yang akan mengenakan seragam timnas U-23," ungkap Aji, saat dihubungi wartawan, kemarin.

Aji sendiri memang hanya memanggil enam anak asuhnya di SEA Games 2013 lalu. Seperti diantaranya ada nama Mokhamad Syaifudin (Pelita Bandung Raya), Syahrizal Syabuddin (Persija Jakarta. Keduanya dipanggil Aji untuk memunculkan persaingan di lini belakang skuad Garuda Muda.

Nama-nama lain jebolan SEA Games 2013 lalu juga hadir pemain-pemain seperti Bayu Gatra (Putra Samarinda), Ramdhani Lestaluhu (Persija), Fandi Eko Utomo (Persebaya Surabaya), dan Rizky Pellu (Pelita Bandung Raya). Keempatnya mengisi persaingan di sektor tengah timnas U-23 selama menjalani masa Pelatnas.

Aji pun tidak menutup pintu untuk pemain lain yang memang benar-benar layak. Salah satunya, pemain yang sempat direkomendasikan pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri. Arsitek tim skuad Garuda Jaya, julukan timnas U-19, tersebut, sempat memunculkan nama pemain Pra-PON Jawa Timur (Jatim), Ridho Nurcahyo.

"Semuanya masih memiliki peluang untuk bisa berseragam Timnas U-23. Tapi tidak untuk saat ini di pemusatan latihan pertama. Karena nama-nama yang sudah saya panggil, yang akan menjalani pemusatan latihan tahap pertama," tutur Aji, yang juga mantan penggawa timnas Indonesia pada era 1990-an tersebut.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2758 seconds (0.1#10.140)