Ducati resmi beralih ke kelas Terbuka

Jum'at, 28 Februari 2014 - 18:57 WIB
Ducati resmi beralih ke kelas Terbuka
Ducati resmi beralih ke kelas Terbuka
A A A
Sindonews.com - Polemik tentang kepindahan team Ducati dari kelas pabrikan MotoGP ke kelas Terbuka terjawab sudah. Komitmen tim asal Italia ini membuat keputusan tepat di tes pramusim terakhir benar dilakukannya. Itu sebagaimana diutarakan manajer umum Ducati Corse, Gigi Dall'Igna

Sebenarnya rencana Ducati bakal meninggalkan tim pabrikan dan beralih dari MotoGP ke kelas Terbuka pada tahun ini telah berhembus kencang. Terutama setelah Andrea Dovizioso membeberkan hal itu pada wawancara khusus dengan GPOne, Januari lalu.

Kendati begitu, Ducati berusaha mengulur-ulurkan waktu hingga detik-detik terakhir batas waktu (deadline) perubahan kelas ini. Dall'Igna mengatakan: "Kami dengan hati-hati mempelajari peraturan teknis baru dan telah menyimpulkan bahwa opsi terbuka merupakan yang paling menarik bagi Ducati. Terutama melihat situasi saat ini," katanya dilansir CRash, Jumat (28/2).

"Tahun ini kami terus mengembangkan motor kami sepanjang musim untuk meningkatkan daya saing dan pilihan Factory terlalu membatasi kebutuhan kita. Kami yakin bahwa paket elektronik yang disediakan oleh Magneti Marelli dan Dorna memiliki kualitas yang sangat baik dan akan memungkinkan pengelolaan yang benar dari semua fungsi utama dari motor."

Faktor utama Ducati beralih ke kelas Terbuka, karena mereka menilai sudah kalah bersaing dengan kedua tim. Yakni Yamaha Factory Racing dan Repsol Honda dalam perburuan gelar juara MotoGP.

Kelas Terbuka merupakan pengganti dari kelas privateer CRT. Motor Terbuka punya bahan bakar 24 liter atau empat liter lebih banyak dari MotoGP. Jatah mesin motor ini juga lebih banyak daripada kuota mesin MotoGP. Alasan Ducati beralih karena mereka melihat selama beberapa tahun terakhir ini, tim selalu kalah dalam persaingan perburuan gelar dari Yamaha maupun Honda.
(dka)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7945 seconds (0.1#10.140)
pixels