Gol Schweinsteiger paksa United bermain imbang

Rabu, 02 April 2014 - 03:53 WIB
Gol Schweinsteiger paksa United bermain imbang
Gol Schweinsteiger paksa United bermain imbang
A A A
Sindonews.com - Manchester United harus puas bermain imbang dengan Bayern Muenchen setelah tandukan indah Nemanja Vidic dibalas lewat tendangan keras Bastian Schweinsteiger untuk menutup laga dengan skor 1-1. Setelah mencetak gol penyama Schweinsteiger harus mendapatkan kartu merah karena dinilai melanggar Wayne Rooney dimenit akhir jelang bubar.

Bermain di Old Trafford, Rabu (2/4) dini hari tidak membuat skuat Bayern gentar. Tim tamu justru langsung tancap gas dengan melayangkan serangan dari sisi sayap meski masih dapat dihalau. United menghentak lewat gol yang dicetak oleh Welbeck di menit ke 3, sayang wasit menganulirnya karena pemain asal Inggris itu lebih dulu melakukan handball.

Selanjutnya pertahanan United terus menerus menjadi bulan-bulanan serangan The Bavarians -julukan Bayern-. Pergerakan dan kecepatan dari dua pemain mereka Frank Ribery dan Arjen Robben sering mengancam gawang yang dijaga De Gea. Sementara itu Neuer nyaris melakukan kesalahan fatal, ketika bola hampir direbut Rooney. Beruntung pemain timnas Jerman itu lebih dulu membuang bola.

Peluang emas terjadi di awal pertandingan saat kerjasama Ribery dan Robben membuahkan umpan silang matang di depan gawang, tetapi Muller gagal menyambutnya. Bayern gagal memecah kebuntuan. Pada menit ke 15 kartu kuning pertama keluar kepada Valencia yang melakukan tekel keras kepada Philip Lahm.

Beberapa kali Bayern menciptakan peluang emas, namun mereka masih kesulitan menembus rapatnya barisan pertahanan tuan rumah. Sementara United juga bukan tanpa peluang sesekali mereka mengancam gawang Bayern. Rooney sempat membuka peluang ketika lemparannya langsung ke kotak penalti tepat mengarah ke Welbeck.

Sayang tekanan dari barisan pertahanan Bayern, membuat ia kehilangan bola. Selanjutnya Bayern mengklaim penalti ketika tangan Buttner tampak mengenai bola tembakan dari pemain lawan, tetapi wasit tidak melihatnya. Beruntung bagi United. Kesempatan emas diciptakan United ketika Welbeck tinggal berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang, namun sayang bola chipnya masih terbaca oleh Neuer.

Seperti mendapatkan momentum, skuat asuhan David Moyes semakin meningkatkan intensitas serangan mereka. Kembali Welbeck terlepas dari kawalan, tapi dorongannya kepada pemain belakang Bayern dinilai pelanggaran. Peluang terakhir didapatkan tuan rumah ketika tendangan keras Valencia masih membentur bek Bayern. Peluang tadi menutup babak pertama dengan skor sama kuat 0-0.

Memasuki paruh kedua, Moyes langsung melakukan perubahan dengan memasukkan Shinji Kagawa untuk menggantikan Giggs. Bayern sendiri langsung menggebrak lewat tendangan keras Schweinsteiger yang masih melayang di atas mistar gawang. Selanjutnya giliran Kagawa yang membalas lewat tusukannya di sektor sayap.

Neuer dipaksa keluar dari sarangnya hingga keluar kotak penalti untuk membuang bola yang dikejar oleh Rooney. United terus menyerang melalui serangan balik cepat, tapi hanya berbuah tendangan penjuru. Dari sepak pojok, akhirnya United memecah kebuntuan ketika tandukan kapten tim, Nemanja Vidic tidak mengecoh Neuer.

Skor 1-0 untuk tuan rumah. Tertinggal satu gol membuat Bayern meningkatkan intensitas serangan mereka, akhirnya skuat asuhan Guardiola mampu mencetak gol penyama. Memanfaatkan umpan Mandzukic, Schweinsteiger melepaskan tembakan keras yang hanya mampu dipandang oleh De Gea. Skor menjadi imbang 1-1.

Gol Schweinsteiger membuat Bayern semakin bersemangat dan Robben beberapa kali melayangkan tembakan melengkungnya untuk membawa tim tamu unggul. Memasuki pertengahan babak kedua, baik Bayern dan United sama-sama melakukan perubahan. Bila tuan rumah menarik keluar Buttner dan memasukkan Ashley Young, sementara kubu tamu menarik keluar Kross untuk diganti Mario Gotze.

Kedua tim terlihat saling tukar beli serangan, meski Bayern masih terlihat mendominasi. Drama kembali terjadi pada menit ke 90 ketika Schweinsteiger mendapatkan kartu kuning keduanya usai menjatuhkan Rooney. Bayern bermain dengan sepuluh pemain di sedikit sisa waktu ini. Tambahan tiga menit diberikan dan coba dimanfaatkan United, sayang keunggulan jumlah pemain tidak mampu menjadi pembeda hingga laga bubar.

Pertandingan berakhir dengan skor imbang 1-1. Selain bakal kehilangan Bastian Schweinsteiger di leg kedua nanti, Bayern juga tidak bisa menurunkan Javi Martinez lantaran akumulasi kartu. Apakah absennya dua penggawa andalan The Bavarians itu bakal menjadi keuntungan bagi United di leg kedua, patut kita simak laga selanjutnya.

Susunan pemain Kedua Tim:


Manchester United: De Gea, Jones, Ferdinand, Vidic, Büttner, Valencia, Carrick, Fellaini, Giggs, Rooney, Welbeck.
Cadangan: Lindegaard, Hernandez, Nani, Young, Fletcher, Januzaj, Kagawa.

Bayern Munchen: Neuer, Ribéry, Martinez, Robben, Rafinha, Boateng, Lahm, Müller, Alaba, Schweinsteiger, Kroos.
Cadangan: Starke, Van Buyten, Mandzukić, Shaqiri, Pizarro, Götze, Hojbjerg.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6278 seconds (0.1#10.140)