Taklukan COTA, pembalap butuh akselerasi lebih

Rabu, 02 April 2014 - 14:34 WIB
Taklukan COTA, pembalap...
Taklukan COTA, pembalap butuh akselerasi lebih
A A A
Sindonews.com - Grand Prix Amerika Serikat bukan lintasan yang asing bagi Marc Marquez. Pasalnya, tahun lalu joki Repsol Honda itu mampu mengamankan podium pertamanya di kelas utama MotoGP. Meski begitu, belum tentu pria yang dikenal dengan julukan Baby Alien itu mampu melahap Sirkuit of the Amerika (COTA) sebagai pemenang. Karena ada banyak peserta lain yang ingin mengalahkannya, salah satunya Jorge Lorenzo. Hal itu sebagaimana dilontarkan juara dunia kelas 500cc, Freddie Spencer.

Sirkuit yang memiliki panjang 5,5 km itu, memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Walau sirkuit ini bisa memacu kecepatan motor dengan sangat baik (tertinggi), namun masih ada sejumlah permasalahan yang harus segera dipecahkan para pembalap. Yakni bagaimana melakukan manuver saat akan menyalip pembalap di depannya.

Karenanya, kata Spencer, kecepatan motor bukan salah satu kunci kemenangan melainkan bagaimana setiap pembalap mampu melakukan akselerasi dengan sangat baik di lintasan ini.

"Tahun lalu saya melihat Marc sangat percaya diri dan Repsol Honda juga mampu bekerja dengan baik di lintasan ini. Tapi Anda harus paham bahwa selain kecepatan, akselerasi para pembalap dalam melakukan manuver juga sangat menunjang untuk memenangkan balapan," pesan Spencer kepada peserta balap MotoGP dilansir Speedweek, Rabu (2/4).

"Mungkin Lorenzo tetap menjadi ancaman Marc di sini. Sebab, sekarang dia berada di bawah tekanan untuk mengamankan podium pertamanya," tambahnya.

Ketika ditanya siapa yang bakal menjuarai balapan motor musim ini, pria yang memiliki nama lengkap Frederick "Freddie" Burdette Spencer itu mengaku masih terlalu dini membuat prediksi. Karena balapan baru berjalan satu kali, sehingga sulit untuk melihat peta kekuatan masing-masing tim.

"Perjalanan para pembalap di musim ini masih sangat panjang, karena balapan baru berjalan satu kali. Tapi ada beberapa hal menarik untuk disaksikan, yakni performa yang ditunjukkan Aleix Espargaro, Bradl, Smith, serta Bautista. Aturan baru ini yang membuat persaingan semakin menarik dan semua pecinta balap motor bertanya-tanya apa yang akan terjadi selanjutnya," tukas Spencer..
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0504 seconds (0.1#10.140)