Ajang pembuktian Arcan Lurie

Kamis, 17 April 2014 - 19:12 WIB
Ajang pembuktian Arcan...
Ajang pembuktian Arcan Lurie
A A A
Sindonews.com - Publik sepak bola Madura menaruh harapan besar pada sosok Arcan Lurie, pelatih anyar Persepam Madura United. Di laga debut bersama tim baru, pelatih asal Moldova itu sudah ditagih kemenangan saat menghadapi Persiram Raja Ampat, Jumat (18/4), di Gelora Bangkalan.

Ekspektasi yang demikian besar sangat beralasan karena Persepam belum mampu bersaing di posisi mentereng Indonesia Super League (ISL). Arcan Iurie pun sangat menyadari supporter sudah tidak sabar menyaksikan timnya mengakhiri laga dengan tiga angka.

Dia bertekad memberikan hasil terbaik pada laga pertamanya di Pulau Garam. "Persepam memiliki kualitas yang mencukupi untuk memenangkan pertandingan. Pemain harus berjuang keras dan menjaga semangat bertanding," terang Arcan Lurie, Kamis (17/4).

Walau berstatus sebagai tuan rumah, dirinya mengingatkan tak ada garansi memenangkan pertandingan dengan gampang. Dia yakin Persiram ingin melampiaskan kekalahan di Lamongan sebelumnya pada laga di Madura nanti demi mencari angka pengganti. "Motivasi Persiram mungkin justru lebih tinggi setelah kalah dari Persela Lamongan. Kami harus berjuang melebihi apa yang dilakukan lawan," tambahnya.

Soal formasi yang akan diturunkan, pelatih berpaspor Moldova tersebut belum membocorkan. Hanya saja dia mengatakan akan memanfaatkan momentum laga kandang dengan permainan menyerang. Tidak memberikan banyak ruang kepada pemain Persiram di wilayah pertahanan sendiri, sekaligus antisipasi provokasi lewat permainan keras.

Sangat mungkin formasi 4-3-3 menjadi pilihan yang bisa diterjemahkan pula menjadi 4-5-1 saat bertahan. Tiga penyerang di depan bisa ditempati Zaenal Arif, Silvio Escobar dan Busari. Sedangkan lini tengah ada Jose Jara Gonzales, Slamet Nur Cahyo dan Ade Suhendra.

Kembalinya Michael Orah dan Nopendi bisa melengkapi sisi pertahanan. Jika kedua pemain ini bisa menjadi starter, maka pertahanan tim berjuluk Sape Kerap sudah bisa diharapkan kinerjanya. Jika kekuatan sudah agak mapan, aspek terakhir adalah mental bertanding.

Arcan Iurie memiliki tugas yang tidak enteng dalam memperbaiki mental pemain Persepam. Itu karena sudah terlalu lama tim ini tidak memetik kemenangan, tepatnya kala mengalahkan PSM Makassar di Gelora Bangkalan pada Februari silam.

Dari tim Persiram, kekalahan dari Persela yang dianggap menyakitkan, bakal dijadikan pelecut semangat. Pelatih Persiram Gomes de Oliviera mengatakan timnya tak layak kehilangan angka di Lamongan, tapi faktanya tetap pulang dengan tangan hampa.

"Walau sangat kecewa karena kalah di Lamongan, Persiram tidak terpengaruh. Kami justru harus berupaya lebih keras saat menghadapi Persepam. Saya kira pertandingan nanti tak kalah sulit karena Persepam juga sangat ingin kemenangan," sebut Gomes.

Apakah bakal menurunkan strategi yang sama dengan saat lawan Persela? "Saya baru memutuskan itu sebelum pertandingan. Semua dalam kondisi bagus dan siap bermain," tandas eks pelatih Persela Lamongan tersebut.

Perkiraan Susunan Pemain Kedua Tim:

Persepam Madura (4-3-3):
Gery Mandagi (gk), Denny Rumba, Fachrudin Wahyudi, Aboubakar Sillah, Michael Orah; Slamet Nur Cahyo, Jose Jara, Ade Suhendra; Busari, Silvio Escobar, Zaenal Arif.

Persiram Raja Ampat (4-5-1):
Marcell (gk), E Padwa, Leonard, Kubay Q, Elvis; Simunapendi, Ortizan S, Kabiay, Banggo, Mbida Messi; Osas Saha.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6239 seconds (0.1#10.140)