Persiba tak kecewa dibenamkan Persipura

Jum'at, 02 Mei 2014 - 22:36 WIB
Persiba tak kecewa dibenamkan Persipura
Persiba tak kecewa dibenamkan Persipura
A A A
Sindonews.com - Persiba Bantul menutup putaran pertama dengan kekalahan telak 2-5 dari tamunya Persipura Jayapura di Stadion Sultan Agung Bantul, Jumat (2/5) malam. Hasil tersebut membuat tim asuhan Sajuri Syahid masih berada di posisi akhir klasemen sementara dengan raihan lima poin.
''Hasil ini sudah maksimal. Sudah ada progres permainan tim kita. Kekalahan ini salah satunya karena kita harus bermain dengan sepuluh pemain di awal babak kedua. Ini membuat kita sulit mengembangkan permainan,” kata Pelatih Kepala Persiba, Sajuri Syahid.

Skuad berjuluk Laskar Sultan Agung tersebut memang harus bermain dengan sepuluh pemain, karena satu strikernya, Emile Mbamba dikeluarkan oleh wasit. Dia mendapat dua kartu kuning, yaitu pada menit ke-30 dan 47'.

Pada laga babak pertama, Persiba sempat memberi kejutan. Belum satu menit berjalan, Emile Mbamba mendapat peluang emas. Namun, sepakannya dari dalam kotak penalti masih melambung ke atas mistar gawang Persipura.

Menit ke enam, tim Persipura yang berjuluk Mutiara Hitam tersebut berbalik memberi tekanan. Umpan pemain belakangnya, Ruben Sanadi dari sisi kiri, dipotong oleh Izak Wanggai. Namun, bola masih menyamping ke kiri gawang.

Selang dua menit, tim berjuluk Mutiara Hitam tersebut membuka keunggulan. Strikernya, Boaz Solossa melalui skill individunya melewati pertahanan Persiba. Sepakan kerasnya tak mampu dibendung oleh kiper Wahyu Tri Nugroho.

Skor pun berubah menjadi 0-1 untuk keunggulan tim tamu. Persiba yang menurunkan Ngon A Djam diduetkan dengan Emile Mbamba di depan, baru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-35.
Melalui tendangan bebas yang dilakukan Dulsan Lestaluhu, Emile Mbamba melakukan heading yang terarah hingga memaksa kiper Persipura memungut bola dari jala gawangnya. Skor pun sama kuat 1-1.

Pada menit-menit akhir pertandingan, kiper utama Persiba, Wahyu Tri Nugroho melakukan blunder yang sangat fatal. Bola umpan lambung dari pemain Persipura, Ruben Sanadi yang mengarah ke depan gawangnya, tak bisa ditangkap dengan baik.

Bola muntah dari Wahyu Tri Nugroho langsung dimanfaatkan dengan baik oleh Boaz Solossa. Keunggulan pun kembali didapatkan oleh tim tamu menjadi 1-2 dan bertahan hingga turun minum babak pertama.

Babak kedua berjalan, baru dua menit Persiba kembali mendapat peluang mencetak gol. Emile Mbamba yang mampu menerobos masuk ke kotak 16 harus dijatuhkan. Akibatnya, wasit pun memberi hadiah penalti.

Namun, Emile Mbamba yang melakukan eksekusi harus menerima kartu kuning kedua yang sebelumnya sudah didapatkan pada menit ke-30 babak pertama. Dia memperlambat melakukan tendangan, padahal kiper lawan sudah melakukan gerakan saat wasit meniup peluit.

Mbamba pun dikeluarkan dari lapangan. Ngon A. Djam yang kemudian mengambil penalti, berhasil melakukannya dengan baik. Skore pun kembali sama kuat, 2-2.

Bermain dengan sepuluh orang, Persiba pun mengalami tekanan penuh. Persipura pun kembali menambah tiga gol di waktu sisa. Yaitu, Boaz Solossa pada menit ke-57 yang memanfaatkan umpan dari Immanuel Wanggai, ke-82 giliran Ian Louis Kabes. Serta menit ke-86, pemain yang baru dimasukkan pada babak kedua, Fodai Boakai.

Skor pun berakhir menjadi 2-5 untuk kemenangan Persipura. Dengan hasil ini, Persiba menutup putaran pertama dalam kompetisi Indonesia Super League (ISL) tak mampu menambah poin. Skuad berjuluk Laskar Sultan Agung tersebut masih berada di posisi terakhir kalsemen sementara dengan poin lima.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7254 seconds (0.1#10.140)