Catatan Schwantz tentang Marquez

Kamis, 08 Mei 2014 - 16:24 WIB
Catatan Schwantz tentang Marquez
Catatan Schwantz tentang Marquez
A A A
Sindonews.com - Kevin Schwantz lagi-lagi mengacungi jempol atas prestasi yang ditorehkan Marc Marquez di ajang balap MotoGP musim ini. Legenda balap motor di kelas 500cc itu bahkan menyebut bahwa joki Repsol Honda ini merupakan pembalap tersukses sepanjang masa.

Pernyataan yang disampaikan Schwantz bukan tanpa alasan. Sejak kemunculannya di kelas utama, Marquez sukses menciptakan sejumlah rekor mengesankan. Salah satunya yang paling diingat adalah ketika dia berhasil keluar sebagai juara musim lalu diusia yang terbilang muda 20 tahun-266 hari.

Pemilik nomor 93 itu pun akhirnya dinobatkan sebagai pembalap termuda sepanjang sejarah MotoGP, dengan menggeser posisi Kenny Roberts pada 1978 silam. Selain itu, Marquez juga berhasil mengamankan trofi juara di tiga kelas berbeda. Hasil gemilang itu yang membuatnya pantas disejajarkan dengan Mike Hailwood, Phil Read, dan Valentino Rossi .

Melihat sepak terjangnya itulah yang membuat Schwantz yakin bahwa Marquez bakal melampaui catatan rekor positif Rossi di ajang Kuda Pacu MotoGP ini.

"Dia (Marquez) akan dibandingkan dengan Rossi sampai dia dapat melampaui pencapaian pemilik nomor 46 itu. Marc sekarang berusia 21 tahun dan telah memenangkan satu gelar MotoGP. Sedangkan Valentino, telah memenangkan gelar terakhirnya pada tahun 2009 saat ia berusia 30 tahun. Dan, diusia ke-35 tahun ia masih berkecimpung di dunia balap," papar Schwantz dikutip Crash, Kamis (8/5).

Prestasi yang didapat pimpinan klasemen sementara MotoGP bukan hanya keberuntungan semata. Tengok saja, penampilannya di musim ini. Peforma pembalap yang dikenal dengan julukan Baby Alien itu terus membuat kompetitornya sakit kepala. Betapa tidak, dari empat balapan yang sudah dilakoni peserta balap musim ini. Marquez tak pernah kehilangan pole position dan podium pertama.

"Jika melihat karir terbaik seorang pembalap antara 20 hingga 30 tahun, saya belum bisa memastikan apa yang akan terjadi nanti. Tapi, dia (Marquez) punya daftar kemenangan yang bisa melampaui pencapaian Rossi, kenapa tidak ? Marc adalah pembalap yang secara konsisten mampu mengamankan kemenangan, meskipun ia masih dalam tahap belajar. Akan tetapi, ada hal yang perlu diingat bahwa dia (Marc) selalu berbicara tidak ada yang tidak bisa," tutup Schwantz, yang secara langsung mengikuti karir Marquez.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7485 seconds (0.1#10.140)
pixels