Ajax patahkan taring Macan Kemayoran

Minggu, 11 Mei 2014 - 20:27 WIB
Ajax patahkan taring Macan Kemayoran
Ajax patahkan taring Macan Kemayoran
A A A
Sindonews.com - Ajax Amsterdam memenangi laga persahabatan kontra Persija Jakarta. Bermain di Gelora Bung Karno (11/5), tim asuhan legenda Belanda, Franck de Boer menang dengan skor 3-0.

Ajax yang menggunakan formasi 4-3-3 lebih banyak mengancam dari sisi sayap untuk memanfaatkan postur kecil pemain Persija. Namun disiplinnya lini bertahan tim asuhan Beny Dolo membuat tim Belanda tersebut kesulitan di menit-menit awal.

Hingga menit ke sepuluh, anak asuh Franck de Boer kesulitan menembus taktik bertahan yang diterapkan persija. Beberapa peluang dari Lucas Andersen dan Sheraldo Becker gagal menemui sasaran.

Di menit ke lima belas, tampaknya menjadi waktu terakhir Persija menahan gempuran Ajax. Pasalnya di menit ini pemain ajax Lucas Andersen menjebol gawang andrytani setelah kerjasama apiknya dengan Lerin Duarte gagal di halau barisan belakang Persija. Dengan mudah pemain bernomor 16 itu mencetak gol pembuka.

Menit ke dua puluh stadion GBK kembali bergemuruh. Ajax kembali mencetak gol melalui defendernya Mike Van Der Hoorst setelah meneruskan sepak pojok Thulani Serero. 2-0 untuk mantan klub Luis Suarez ini.

Setelah gol kedua, Ajax tampaknya belum puas. Klub Belanda ini kembali mengurung lini pertahanan Persija. Sedangkan bagi Persija sendiri hanya sesekali melepaskan umpan ke depan untuk striker Rahmat Affandi dan Ivan Bosnjak yang jarang dapat bola. Hingga babak pertama berakhir, skor tak berubah 2-0.

Babak kedua pertandingan berjalan sedikit berimbang di menit-menit awal. Persija yang langsung menggebrak mengagetkan Ajax.

Hasilnya Macan Kemayoran dihadiahi tendangan bebas diluar kotak penalti di sisi kiri pertahanan Ajax. Namun tendangan Rohit Chand masih mudah ditangkap Leeuwenburgh.

Striker Persija Bamogo mungkin sedikit merepotkan barisan pertahanan Ajax, beberapa kali striker bernomor 70 itu dijatuhkan oleh gelandang Ajax.

Menit ke enam puluh, bintang yang ditunggu-tunggu akhirnya masuk lapangan. Ya, Siem de Jong masuk menggantikan striker Sheraldo Becker.

Tak butuh waktu lama, kapten kesebelasan tim Belanda itu langsung mengancam. Menit ke enam puluh dua, pemain yang besar di Newcastle United itu langsung melepaskan tendangan, beruntung kiper Andritany masih sigap menangkap.

Ajax yang asik menyerang rupanya dimanfaatkan oleh anak asuh Beny Dolo. Beberapa kali Ramdani, Bamogo, dan Bosnjak mengancam kiper Ajax dengan peluang emas. Namun penyelesaian buruk menjadi kendala sehingga belum bisa memecah telur kedudukan.

Menit ke 67, publik stadion GBK kembali bergemuruh. Pemain Ajax bernomor punggung 8, Lerin Duarte mencetak gol cantik. Melalui akselerasi, gelandang tersebut menendang bola ke tiang jauh yang gagal dihalau Andritany. 3-0 untuk Ajax.

Menit ke tujuh puluh sembilan, Andritany dibuat jatuh bangun untuk mengamankan gawang. Praktis permainan menjadi milik Ajax setelah gol ketiga tadi.

Serangan balik yang dilakukan Bosnjak juga dengan mudah dihalau oleh duo bek Ricardo van Rhijn dan Mike van der Hoorn.

Menit ke 90, Beny Dolo menarik Bosnjak dan memasukkan gelandang Zelimir Terkes. Hingga akhir pertandingan, skor 3-0 tak berubah

Persija:
Andrytani (GK)
Dani saputra
Ismed Sofyan
Fabiano Beltreme
Syahrizal
Amarzukih
Viktor Pae
Rohit Chand
Ramdani Lestaluhu
Ivan Bosnjak
Rahmat Afandi

Ajax:
Peter Leewenburgh (GK)
Ricardo Van Rhun
Mike van Der Hoorn
Stefano Denswil
Jairo Riedewald
Christian Poulsen
Lerin Duarte
Thulani Serero
Lucas Andersen
Lesly De Sa
Sheraldo Decker
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7739 seconds (0.1#10.140)