Wabah Demam Berdarah Merebak di Brazil

Sabtu, 17 Mei 2014 - 16:39 WIB
Wabah Demam Berdarah Merebak di Brazil
Wabah Demam Berdarah Merebak di Brazil
A A A
Sindonews.com – Tuan rumah penyelenggara Piala Dunia 2014, Brazil diperkirakan akan terjangkit wabah demam berdarah. Hal itu dikhawatirkan bakal mengganggu kenyaman bagi para turis yang datang ke negri samba saat turnamen akbar sepak bola itu berlangsung.

Resiko wabah demam berdarah itu dikemukakan oleh Rachel Lowe, seorang ilmuan dari the Catalan Institute of Climate Sciences, Barcelona. Berdasarkan laporan Reuters, Sabtu (17/5) sang ilmuwan menjelaskan bahwa resiko wabah demam berdarah akan menyebar keseluruh kota-kota di Brazil. Seperti Brasolia, Cuiaba, Curitiba, Porto Alegre, Sao Paulo, Rio de Janeiro, Belo Horizonte, Salvador dan Manaus, namun ada tiga kota yakni Fortaleza, Salvador dan Natal yang berisiko tinggi menghadapi wabah demam berdarah ini.

" Peringatan awal epidemi demam berdarah ini diharapkan mampu mengurangi tingkat penyebaran penyakit ini dan pemerintah Brazil diharapkan dapat memberikan otoritas kepada pejabat wilayah terkait untuk memerangi populasi nyamuk di kota-kota yang beresiko serius terjangkit wabah ini " ujar Lowe.

Dalam laporan yang sama ia menambahkan bahwa penyakit ini menyebabkan sakit kepala parah, flu ringan, nyeri tulang dan sendi yang kadang-kadang sampai berpotensi mematikan pada sejumlah penderita. Penyakit ini merupakan infeksi virus yang dikirimkan oleh jenis nyamuk yang disebut Aedes aegypti. Sayangnya tidak ada vaksin atau pengobatan yang efektif untuk menyembuhkan penyakit yang menjadi momok menakutkan ini.

Sebelumnya pada tahun 2000 dan 2013 Brazil tercatat memiliki tujuh juta kasus demam berdarah, lebih banyak daripada tempat lain di dunia.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7357 seconds (0.1#10.140)