Wajib Tahu Tugas

Minggu, 18 Mei 2014 - 18:24 WIB
Wajib Tahu Tugas
Wajib Tahu Tugas
A A A
Sindonews.com - Persepam Madura United mengawali putaran dua Indonesia Super League (ISL) dengan hasil apik. Kemenangan meyakinkan 4-1 atas Persiba Balikpapan tak hanya medatangkan tiga angka, tapi juga menjadi kemenangan terbesar Persepam di kompetisi kasta tertinggi musim ini.

Lebih jauh, performa tim mengalami peningkatan pesat dan membuat Pelatih Persepam Arcan Iurie menyatakan puas dengan kinerja timnya. Patut digarisbawahi adalah permainan dua legiun impor anyar yang langsung diturunkan di laga itu, yakni Diego Marcelo Fretes dan Eduard Valutta.

Tak memiliki banyak waktu untuk beradaptasi dengan tim, nyatanya kedua pemain itu menjadi kekuatan vital di posisinya masing-masing. Valutta berkolaborasi apik dengan barisan pertahanan lain yang dihuni Fachrudin Wahyudi, Michael Orah dan Firly Apriansyah.

Tapi paling menonjol adalah Diego Fretes yang didapuk menjadi playmaker di tangah. Sementara ini Persepam tidak salah membuang Jose Jara Gonzales dan menggantinya dengan pemain asal Paraguay itu. Performanya di lapangan tengah mengubah wajah permainan Sape Kerap.

Tidak hanya meliuk-liuk mempertontonkan skill individunya, namun juga bekerja dengan sangat baik sebagai elemen tim. Pemain berusia 25 tahun dengan mobilitas tinggi tersebut layak menjadi penampil terbaik. Tapi Arcan Iurie masih menyimpan pujiannya rapat-rapat dan tidak mau membuat pemain barunya itu besar kepala.

“Bagaimana pun kemenangan itu hasil kerjasama tim. Saya tidak akan memuji pemain secara personal. Diego Fretes bermain bagus, tapi itu memang tugasnya. Sebagai pemain asing, level permainan harus lebih tinggi dibanding pemain lokal. Untuk itulah dia dikontrak,” kata Arcan Iurie enteng.

Dia hanya mengaku senang dengan pemain anyar yang langsung bisa nyetel dengan karakter tim Persepam. Dalam pertandingan lawan Persiba Balikpapan, selain Valutta dan Diego Fretes masih ada striker lokal M Isnaini yang berstatus skuad anyar. Namun striker senior itu bermain dalam level biasa.

Arcan juga menanggapi biasa dua gol Silvio Escobar, striker yang menjadi tumpuan utama Persepam setelah Zaenal Arif cedera panjang. Dia mengatakan, mencetak gol sudah menjadi tugas Silvio yang ditempatkan di posisi paling depan. “Yang terpenting level permainannya harus dijaga agar konsisten,” demikian Arcan Iurie.

Walau mengawali putaran dua ISL dengan hasil gemilang, itu belum menjamin Persepam benar-benar sudah mapan. Sebab Sape Kerap bakal disambut tiga pertandingan away berturut-turut, yakni melawat ke markas Mitra Kukar, kemudian dilanjut ke kandang Persiba Bantul dan Persiram Raja Ampat.

Setelah melakukan tiga pertandingan itulah ketangguhan skuad Arcan Iurie baru bisa dinilai. Sebab performa di luar kandang sejauh ini belum memuaskan, termasuk setelah era pelatih asal Moldova itu. Dari satu kali laga away ke kandang Persiba Balikpapan, tim kebanggaan Pulau Garam pulang dengan tangan hampa.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8611 seconds (0.1#10.140)