FIFA Dituntut Lindungi Armadillo

Senin, 02 Juni 2014 - 14:34 WIB
FIFA Dituntut Lindungi Armadillo
FIFA Dituntut Lindungi Armadillo
A A A
RIO DE JANEIRO - Para penggiat lingkungan meminta Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) lebih aktif melindungi armadillo. Armadillo adalah binatang yang dijadikan maskot pesta sepakbola Brazil 2014.

Sebenarnya nama maskot yang digunakan adalah Fuelco. Maskot ini diinspirasikan dari armadillo yang saat ini dalam kondisi memprihatinkan, nyaris punah. Untuk itu aktivis lingkungkan meminta FIFA dan pemerintah Brazil untuk mendesain sebagian hutan untuk habitat armadillo.

Pemerintah telah bertemu dengan sejumlah ilmuwan untuk mendiskusikan rencana konservasi, tetapi FIFA belum merespons langsung tantangan tersebut. Seperti diberitakan BBC, Senin (02/06), FIFA berdalih jika lembaganya tidak mempunyai hubungan dengan lembaga amal. Namun, mereka mengatakan jika hasil iklan dari produk yang menggunakan Fuelco telah menyumbangkan dana sebesar USD 45.000 atau Rp530 juta ke Asosiasi Caatinga (lembaga yang melindungi spesies armadillo).

Armadillo yang sepintas mirip trenggiling itu mempunyai nama latin Tolypeutes tricinctus, hanya hidup di Brazil. Mereka hidup di hutan tropis Caatinga, sebelah timur Brazil. Mengapa armadillo menjadi inspirasi maskot, kemungkinan karena bentuknya yang unik. Armadillo bisa menggulung seperti bola saat terancam.

Sejauh ini apa yang dilakukan FIFA memang belum memberikan rasa puas para ilmuwan di Brazil. Dari penjualan merchandise dan suvenir Fuelco telah meraup jutaan dolar. Sayangnya kontribusi yang diberikan untuk mempertahankan bahkan mengembangkan spesies ini terbilang rendah.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7837 seconds (0.1#10.140)