Hancurkan Jepang, Kolombia Rebut Tiket 16 Besar

Rabu, 25 Juni 2014 - 05:01 WIB
Hancurkan Jepang, Kolombia Rebut Tiket 16 Besar
Hancurkan Jepang, Kolombia Rebut Tiket 16 Besar
A A A
CUIABA - Jepang harus menjalani laga terakhir menghadapi pemuncak grup C, Kolombia di Arena Pantanai, Cuiaba, Rabu (25/6). Jepang memulai pertandingan dengan langsung merangsek ke depan untuk memberi tekanan pada Kolombia. Di menit ke -7 Jepang mendapat peluang dari tendangan bebas karena Hasebe dijatuhkan oleh Guarin. Bola dieksekusi Honda tapi bisa dihalau Kiper Kolombia, Ospina.

Pada pertandingan ini Kolombia dapat mencuri gol lebih dulu melalui titik putih.
Di menit 17 Kolombia mendapat peluang emas setelah Juan Cuadrado dilanggar oleh Yasuyuki Konno di dalam kotak penalti. Cuadrado yang menjadi eksekutor pun sukses membawa tim nya unggul 1-0 atas Jepang.

Tertinggal satu gol membuat Jepang menaikkan tensi permainan mereka.
Aksi brilian Kagawa melahirkan peluang di menit -27. Dua pemain bertahan dlewati kaga namun tembakan kerasnya masih dapat dihalau Ospina.

Meski laga didominasi Jepang, Kolombia selalu berbahaya setiap melakukan serangan balik, Pada menit-menit akhir babak pertama Jepang kembali dapat mendominasi permainan. Alhasil Jepang dapat menyamakan kedudukan di menit 45 melalui kaki Shinji Okazaki . Hingga wasit akhirnya meniup peluit tanda babak pertama usai, skor sementara masih 1-1.

Memasuki kick off babak kedua pergantian pemain dilakukan oleh pelatih Kolombia. J. Quintero ditarik keluar digantikan James Rodríguez dan Juan Cuadrado diganti Carlos Carbonero. Dimenit-menit awal babak kedua Kolombia kembali menjajal gawang Jepang, Guarin melewati beberapa bek Jepang sebelum menyodorkan bola ke Carbonero, sayang sang pemain pengganti off-side.

Kolombia kembali unggul di menit- 55 melalui kaki
Jackson Martinez yang menerima assist dari James Rodríguez. Jepang tak tinggal diam setelah kebobolan di babak kedua, Kagawa mencetak peluang gol di tepi kotak penalti Kolombia namun sayang bola melambung di atas gawang.

Jepang terus mendobrak lini pertahanan Kolombia dan yaris menyamakan kedudukan di menit-66 melalui Okubo yang coba menanduk bola dari jarak dekat, sayang dia gagal mengarahkan si kulit bundar ke gawang Ospina.

Secara tiba-tiba Kolombia meningkatkan tempo permainan dan nyaris mendapatkan gol ketiga saat Martinez dan Ramos bekerjasama di kotak penalti tetapi Uchida sanggup menggagalkan serangan. Peluang Jepang menuju 16 besar menipis karena Kolombia berhasil menyarangkan gol kembali.

Di menit 82, lagi-lagi
assist dari James Rodríguez berhasil dimanfaatkan oleh Jackson Martinez untuk dijadikan gol. Dengan gol tersebut Martinez membawa Kolombia unggul 3-1 atas Jepang. Tertinggal tiga gol tak membuat skuat Samurai Biru mengendurkan serangan. Kagawa nyaris memperkecil kedudukan saat memburu umpan Hasebe, tetapi tembakannya melebar.

Kolombia yang sudah unggul tak ingin berpuas diri, mereka terus
melancarkan serangan bertubi-tubi. Alhasil kini giliran James Rodríguez yang mencatatkan namanya di papan skor. Dia berhasil mencetak gol di menit 89 melalui assist Ramos.

Keunggulan 4-1 Kolombia atas Jepang berhasil dipertahankan sampai wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Dengan kemenangan ini membuat Kolombia menuai hasil sempurna karena memenangkan tiga pertandingan di fase grup dan membawanya lolos ke babak 16 besar, sedangkan Jepang harus tersingkir dari turnamen ini.

(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8283 seconds (0.1#10.140)