Jangan campurkan sepak bola dan politik

Kamis, 21 Juni 2012 - 20:07 WIB
Jangan campurkan sepak bola dan politik
Jangan campurkan sepak bola dan politik
A A A
Jerman memastikan tiket perempat final Piala Eropa 2012 seusai mengalahkan Denmark 2-1 pada laga terakhir penyisihan Grup B. Der Panzer menguasai grup yang disebut-sebut grup neraka itu dengan poin sempurna sembilan, hasil tiga kemenangan, yakni mengalahkan Portugal 1-0, Belanda 2-1, dan Denmark.

Di perempat final, Der Panzer akan berhadapan dengan Yunani di PGE Arena, Gdansk, Jumat (22 Juni 2012). Yunani lolos setelah mengalahkan Rusia 1-0 dan mereka unggul head-to-head atas Rusia. Pertemuan Jerman dengan Yunani tidak hanya bicara teknik dan strategi bermain di lapangan hijau, tapi juga dibumbui hal-hal berbau politis di kancah politik Eropa. Jerman merupakan investor bagi Yunani.

Kanselir Jerman Angela Merkel telah membuat penduduk Yunani marah atas langkah penghematan yang dilakukannya sebagai imbalan untuk Jerman yang telah membantu Yunani. Namun, Pelatih Timnas Jerman Joachim Loew tidak ingin mengaitkan sepak bola dengan politik. Dia hanya ingin fokus pada pertandingan. Berikut wawancara Loew yang dirangkum dari berbagai sumber.

Jerman lolos ke perempat final dengan hasil yang bagus. Komentar Anda...

Saya merasa tenang dan senang dengan hasil itu.Tim saya dapat poin sempurna di tiga laga dan kami berada peringkat 1 Grup B. Ini sangat sempurna dan tujuan pertama kami telah tercapai.

Menghadapi Yunani sangat kental dengan nuansa politis. Pendapat Anda..

Dalam hal ini, saya akan meninggalkan urusan politik Eropa. Fokus saya hanya pada pertandingan. Ini akan menjadi pertandingan normal, tidak ada politisasi.

Merkel, Kanselir Jerman, pernah menemui Anda...

Saya dan Merkel memiliki hubungan yang baik. Beliau juga punya ketertarikan dan kepedulian yang besar terhadap timnas.

Apakah dia pernah hadir saat timnas melakukan pertandingan?

Beberapa kali dia pernah hadir melihat kami bertanding.

Merkel mencampuri kebijakan yang Anda lakukan?

Dia tidak pernah mengganggu saya. Kami telah mencapai kesepakatan. Dia tidak akan mengintervensi saya dalam pengaturan lineup dan saya juga tidak akan berurusan dengan agenda politiknya. Politik dan sepak bola jangan dicampuradukkan.

Dari pengamatan Anda di dua laga terakhir, apa yang harus dibenahi tim?

Saya melihat kesenjangan yang terjadi antara lini tengah dan pertahanan semakin besar. Saya rasa itu mampu diatasi dan saya tahu apa yang harus kami lakukan.

Bagaimana dengan kondisi para pemain saat ini?

Pemain dalam keadaan baik. Mereka berlatih cukup keras. Tidak ada waktu luang untuk santai. Pada hari pertama setelah pertandingan, mereka sempat terlihat menurun.Tapi, saya nilai itu wajar karena akan terjadi peningkatan secara alami.

Siapa yang menjadi ujung tombak pada pertandingan melawan Yunani?

Saya akan tetap memainkan Mario Gomez. Dia memiliki musim yang sempurna. Dia mengerti irama permainan dan merupakan pencetak gol terbanyak kami.

Anda tak hanya ingin mencari kemenangan, tapi juga bermain indah. Benarkah?

Untuk hasil yang maksimal, kami harus mencapai keseimbangan antara bermain indah dan mencapai kemenangan. Inilah yang harus kami atur untuk keberhasilan.

Akan ada perubahan di lini tengah Jerman?

Bastian Schweinsteiger dan Samy Khedira harus tetap bekerja keras. Penampilan Lars Bender memang lebih bagus dari Schweinsteiger, tapi bukan masalah yang serius. Saya juga masih mengandalkan Mesut Oezil di tengah, karena dia benar-benar banyak memberikan pengaruh terhadap tim.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4895 seconds (0.1#10.140)