Kutukan Peraih Ballon dOr (3-Habis)

Jum'at, 27 Juni 2014 - 13:47 WIB
Kutukan Peraih Ballon dOr (3-Habis)
Kutukan Peraih Ballon dOr (3-Habis)
A A A
RIO DE JANEIRO - Pemain yang meraih Ballon d’Or di tahun sebelum Piala Dunia digelar dinilai selalu gagal mengantarkan tim nasionalnya menjadi juara dunia. Berikut fakta-faktanya :

Pemenang Ballon d’Or 1997: Ronaldo (Barcelona / Inter Milan)
Ronaldo yang saat itu diharapkan untuk membawa Brazil merebut gelar juara dunia yang kelima tampil melempem melawan tuan rumah Prancis di laga pamungkas Piala Dunia 1998. Ronaldo bermain sangat buruk di partai puncak tersebut sehingga Brazil harus takluk 3-0 dari Prancis.

Pemenang Ballon d’Or 2001: Michael Owen (Liverpool)
Pemain Liverpool ini namanya mulai mencuat setelah menjebol gawang Argentina di Piala Dunia 1998, saat itu Owen menjadi pemain dan pencetak gol termuda di timnas Inggris. Dia juga menjadi pemain andalan saat bermain untuk Liverpool dan mencapai puncak kejayaannya saat berhasil meraih treble di musim 2000–2001. Sayang, pada Piala Dunia 2002 Owen gagal membawa inggris mencapai mimpinya meraih gelar juara. Kiprahnya di Piala Dunia yang diadakan di Korea dan Jepang itu terhenti di perempat final setelah dikalahkan oleh Brazil yang akhirnya menjadi juara dunia untuk kelima kalinya.

Pemenang Ballon d’Or 2005: Ronaldinho (Barcelona)
Ronaldinho tampil sangat cemerlang bersama FC Barcelona dan berhasil menjuarai Liga Champions, tapi dia tampil buruk saat bermain di Piala Dunia 2006. Bahkan, dia tidak mampu mengantarkan Brazil mempertahankan gelar juara. Sebagai juara bertahan, tim Samba hanya sanggup bertahan sampai babak perempat final sebelum akhirnya disingkirkan oleh Prancis.

Pemenang Ballon d’Or 2009: Lionel Messi (Barcelona)

Messi yang perkasa bersama Barcelona tidak berhasil mencetak satu gol pun di Piala Dunia 2010 yang diselenggarakan di Afrika Selatan. Langkah Argentina harus terhenti di babak 16 besar setelah dihajar Jerman empat gol tanpa balas.

Pemenang Ballon d’Or 2013: Cristiano Ronaldo (Real Madrid)
Ronaldo dianugerahi Ballon d’Or 2013 dan sepertinya mitos ‘kutukan’peraih Ballon d’Or terus berlanjut karena Ronaldo yang dibekap cedera selama berada di Brazil gagal membawa Portugal melaju jauh di Piala Dunia 2014. Selecção das Quinas harus tersingkir di fase Grup.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0664 seconds (0.1#10.140)