Belgia Lolos 16 Besar Bukan Prestasi Buruk

Selasa, 01 Juli 2014 - 10:03 WIB
Belgia Lolos 16 Besar...
Belgia Lolos 16 Besar Bukan Prestasi Buruk
A A A
SAO PAULO - Steven Defour tidak bisa memperkuat Belgia menghadapi Amerika Serikat dalam duel babak 16 besar di Arena Fonte Nova, Salvador, dini hari nanti. Dia harus absen menyusul hukuman kartu merah setelah mengasari striker Korea Selatan Kim Shin-wook pada duel Grup H di Arena Corinthians, Kamis (26/6).

Tidak hanya itu, penggawa SL Benfica ini juga terancam sanksi tambahan jika FIFA menilai pelanggarannya berlebihan. Ironis, mengingat laga dengan Korsel merupakan penampilan perdananya pada turnamen tahun ini.

Ketatnya persaingan lini tengah membuatnya hanya menunggu di bangku cadangan pada dua partai sebelumnya versus Aljazair dan Rusia. Meski tidak tampil, jangan ragukan komitmen Defour bagi Belgia. Dia berjanji selalu memberi dukungan, termasuk ketika De Rode Duivels diragukan kapasitasnya karena belum tampil meyakinkan. Berikut penuturan Defour menyikapi hal ini beberapa waktu lalu.


Bagaimana peluang Belgia di Piala Dunia tahun ini?

Kendati belum mengeluarkan penampilan terbaik, kami tetap mampu memetik hasil maksimal. Pada Piala Dunia kali ini status tidak penting. Banyak tim favorit dan calon juara sudah tersingkir. Bahkan Jerman kesulitan saat bertemu Ghana. Setelah 12 tahun absen di Piala Dunia, lolos ke 16 besar saya kira bukan prestasi buruk.

Mengapa banyak pihak mengkritik Belgia?
Saya tidak tahu. Mungkin harapan mereka terhadap kami sungguh tinggi. Saya tahu kami mesti memperbaiki diri.

Siapa tim favorit Anda pada turnamen kali ini?
Prancis sangat kuat. Sedangkan Kosta Rika dan Meksiko meninggalkan kesan mendalam. Brazil turut menarik perhatian saya. Banyak tim bagus di sini.

Di mana sebenarnya posisi terbaik Anda?
Saya fasih menjalankan tugas gelandang tengah atau bermain sedikit ke depan. Tinggal pelatih yang memutuskan. Di mana pun saya tidak masalah asalkan dapat membuktikan kemampuan.

Seperti apa perasaan Anda sebenarnya begitu mengetahui tidak masuk tim utama?
Tentu kecewa melihat nama sendiri tidak ada di daftar yang diumumkan pelatih. Saya yakin siap kapan saja jika dipercaya. Pelatih tahu kelebihan dan kekurangan saya.

Kualitas apa yang Anda berikan bagi tim?

Saya tahu punya karakter yang dibutuhkan. Saya sering melepas umpan matang dan suka memainkan sepak bola atraktif.

Apa aktivitas Anda selain berlatih?
Tidak banyak yang bisa dilakukan di sini. Jika sedang menganggur atau tidak acara bagus, saya memilih menyaksikan pertandingan Piala Dunia. Bukannya karena saya sengaja melakukannya. Di lain kesempatan, skuad bermain kartu atau golf. Saya juga menjaga komunikasi dengan kekasih yang tidak datang ke Brazil
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8143 seconds (0.1#10.140)