Kehormatan Prancis Pulih

Sabtu, 05 Juli 2014 - 08:41 WIB
Kehormatan Prancis Pulih
Kehormatan Prancis Pulih
A A A
Terlepas hasil melawan Jerman pada perempat final Piala Dunia 2014, dini hari tadi, Prancis telah memulihkan reputasinya sebagai salah satu kekuatan tradisional Eropa. Pelatih kawakan Guy Roux menyuarakan pendapat tersebut seusai melihat sepak terjang Les Bleus selama berpetualang di Brazil.

Pasukan Didier Deschamps memuncaki Grup E berkat kemenangan atas Honduras dan Swiss, sebelum memetik hasil imbang kontra Ekuador. Pada babak 16 besar Prancis kemudian memukul juara Afrika Nigeria.

Roux melihat pencapaian ini peningkatan signifikan terhadap kinerja pada tiga partisipasi terakhir di kompetisi besar. Prancis gagal berjaya di Piala Dunia 2010 dan tersingkir memalukan, yang diwarnai skandal pengusiran Nicolas Anelka serta pemberontakan anggota tim.

Prancis juga cuma bertahan di Piala Eropa 2008, sebelum melaju hingga perempat final edisi berikutnya empat tahun kemudian. Berikut pemaparan sosok berusia 75 tahun itu, yang menjadi analis Radio Europa 1, selama bertugas di Negeri Samba.

Apa penilaian Anda tentang kinerja Prancis di Brazil?
Kehormatan Prancis pulih berkat performa tim generasi sekarang. Ibaratnya mereka seperti anak ayam yang belum memiliki bulu, tapi sudah mampu terbang.

Mengapa demikian?
Prancis semula biasa-biasa saja. Era Deschamps, meski impresif, tidak jauh berbeda ketimbang pendahulunya. Namun semua berubah selepas leg kedua playoff Piala Dunia melawan Ukraina (Prancis berjaya 3-0 untuk unggul agregat 3-2). Itulah momen penting yang mengubah segalanya. Kemenangan tersebut menumbuhkan moril pemain dan tim.

Pendapat Anda tentang Deschamps?
Dalam dirinya tim nasional ditangani nakhoda lokal terbaik saat ini. Pemain sangat percaya dengannya. Mereka mau membantu Deschamps meraih hasil terbaik.

Mengapa Prancis tidak terlalu merasakan absennya Franck Ribery?
Tidak juga. Pemain sekelas Ribery tetap dirindukan. Apalagi jika performanya seperti 2012/2013. Tapi penampilan Ribery menurun di paruh kedua 2013/2014. Maka sebetulnya Prancis tidak terlalu menderita walau dia berhalangan.

Siapa pemain yang paling menarik perhatian Anda pada Piala Dunia kali ini?
James Rodriguez dari Kolombia. Dia punya bakat luar biasa dan mampu mengubah hasil pertandingan. Aksinya di laga Uruguay (16 besar) merupakan salah satu contohnya.

Rodriguez masih muda. Sampai ke mana Anda pikir dia bisa berkembang?
Pemain kelas dunia lain semacam Alfredo di Stefano, Raymond Kopa, Pele, Diego Maradona, Michel Platini, atau Zinedine Zidane. Namun, Rodriguez memiliki jalan sendiri.

Lalu apa pendapat Anda tentang Piala Dunia secara keseluruhan?
Saya tidak suka inovasi. Saya tidak percaya teknologi 100% dapat menjawab semua masalah. Selama ini sepak bola selalu melibatkan manusia. Biarkan seperti itu!
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3993 seconds (0.1#10.140)