Neuer Pantas Rebut Bola Emas

Senin, 14 Juli 2014 - 10:36 WIB
Neuer Pantas Rebut Bola Emas
Neuer Pantas Rebut Bola Emas
A A A
SAO PAULO - Final Piala Dunia 2014 mempertemukan kiper dengan perjalanan berbeda. Manuel Neuer tampil impresif sejak awal menyusul kinerja mengesankan bersama Bayern Muenchen. Kontribusinya berujung pada kesuksesan Jerman menembus final.

Di lain pihak, Sergio Romero jarang memperkuat AS Monaco pada 2013/2014. Permainannya pada laga-laga awal Piala Dunia terbilang biasa-biasa saja. Namun, Romero menunjukkan nilainya ketika mementahkan dua eksekusi penalti Belanda untuk membawa Argentina ke partai puncak.

Kiprah Neuer dan Romero mempertegas betapa Piala Dunia tahun ini merupakan panggung para penjaga gawang. Meski menderita banyak jumlah gol, rapor mereka secara keseluruhan sangat impresif. Mantan palang pintu terakhir Meksiko Jorge Campos tidak mau ketinggalan melontarkan komentar mengenai fenomena ini.

Berikut paparan sosok yang bekerja sebagai analis TV Azteca ini ketika ditemui di Media Center Arena Corinthians, Sao Paulo.

Siapa kiper yang Anda suka pada Piala Dunia 2014?
Manuel Neuer paling menarik perhatian. (Keylor) Navas asal Kosta Rika juga mengesankan. Tapi, mesti disinggung betapa banyak pemain yang bersinar pada turnamen kali ini. Setiap tim seakan punya kiper yang bersinar.

Mengapa memilih Neuer?
Dia memiliki kemampuan paling lengkap di antara penjaga gawang lainnya. Neuer pantas dikedepankan karena dia membantu timnya melangkah paling jauh. Padahal tekanan di babak-babak akhir semakin besar. Dan dia mengatasinya. Saya bahkan mendesak penghargaan pemain terbaik semestinya ditujukan padanya.

Romero?
Romero patut diberi kredit. Semua membicarakan (Lionel) Messi, (Angel) Di Maria, atau (Gonzalo) Higuain. Namun Romero tidak kalah berkontribusi.

Apa perbandingan penjaga gawang modern dengan ketika Anda masih aktif bermain?
Sekarang lebih baik. Hal ini memengaruhi kualitas pertandingan yang makin meningkat. Terjadi perkembangan signifikan dalam hal cara mereka mempersiapkan diri. Dulu saya sendiri. Saat ini kiper ditunjukkan video lawan. Informasi itu penting.

Penilaian Anda tentang Piala Dunia 2014?
Banyak gol. Sebuah pertunjukan luar biasa. Pada kompetisi tahun ini banyak laga menarik, kejutan, dan drama. Semua elemen yang diinginkan fans.

Salah satunya pada semifinal pertama. Banyak orang terkejut melihat Brasil dipermalukan Jerman? Anda salah satunya?
Tentu. Sulit menjelaskan mengapa bisa demikian. Kejutan kerap hadir, namun tidak seperti ini! Tidak perlu diragukan, Jerman punya tim hebat. Tapi, keberhasilan mereka mencetak tujuh gol ke gawang Brazil melawan logika. Saya yakin laga ini bakal diperbincangkan untuk waktu lama.

Kira-kira apa yang dirasakan Julio Cesar (kiper Brazil) seusai dipermalukan demikian?

Saya rasa tidak jauh berbeda dengan pemain lain. Seluruh tim pasti kecewa berat. Saya selalu berpandangan seorang penjaga gawang harus diperlakukan sama layaknya pemain posisi lain. Saya turut bersimpati atas penderitaan Julio Cesar. Peristiwa ini akan membekas lama di dalam dirinya.

Siapa yang akan merebut gelar Piala Dunia?
Kalau tahu, saya akan ke Las Vegas dan mempertaruhkan seluruh uang saya! Piala Dunia sulit diprediksi.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6709 seconds (0.1#10.140)