Solo Run Paling Dikenal Sejagat

Rabu, 16 Juli 2014 - 19:58 WIB
Solo Run Paling Dikenal Sejagat
Solo Run Paling Dikenal Sejagat
A A A
MEKSIKO - Legenda timnas Argentina, Diego Maradona kembali jadi bagian dari salah satu momen paling bersejarah dalam perhelatan Piala Dunia. Gol yang dicetaknya ke gawang Inggris pada Piala Dunia 1986 lewat aksi solo run, menjadi salah satu yang paling terkenal dijagat sepak bola. Bahkan pada 2002, gol ini dinobatkan sebagai "Gol Abad Ini" oleh FIFA.

Gol fantastis itu terjadi ketika Argentina bersua Inggris di babak perempat final Piala Dunia Meksiko 1986. Unggul satu gol lebih dulu membuat Albiceleste -julukan Argentina- berada di atas angin. Maradona tidak butuh waktu lama untuk mencetak golnya keduanya di pertandingan itu sekaligus menggandakan keunggulan untuk Argentina.

Pada menit ke-55, Maradona menggiring bola dari tengah lapangan hingga mampu melewati lima pemain Inggris sekaligus. Pertama dia berkelit melewati Peter Beardsley, sebelum melakukan putaran badan untuk mengecoh hadangan Peter Reid. Langkah Diego terus melaju ketika Terry Butcher coba menghadang, namun dengan mudah ia melewatinya.

Berikutnya datang Terry Fenwick untuk coba menghentikan pemain nomor 10 Argentina itu. Tapi kartu kuning yang sudah dikantongi Terry, membuatnya tak jadi masalah bagi Maradona. Tak berhenti sampai disitu Butcher yang sudah dikalahkan kembali datanh. Tekel keras coba dilakukan, namun sang maestro belum terbendung.

Hingga akhirnya tembok terakhir timnas Inggris, penjaga gawang Peter Shilton berhadapan satu lawan satu dengan Diego. Dalam kondisi kehilangan keseimbangan, ia menceploskan bola dan Shilton sambil menjatuhkan diri di area sendiri mencoba menjangkau bola. Tapi bola terus meluncur dan berbuah gol.

Dengan pertandingan menyisakan 20 menit lagi, The Three Lions -julukan Inggris- hanya bisa memperkecil kedudukan lewat aksi Gary Lineker pada menit ke-81. Argentina berhak melaju ke semifinal dengan skor akhir 2-1, sebelum akhirnya keluar sebagai juara. Liukan Maradona diantara pemain Inggris, menjadi gol yang terus dikenal sepanjang masa. Sekaligus mentasbihkan Maradona sebagai pemain jenius yang pernah lahir di sepak bola.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0054 seconds (0.1#10.140)