Target Juara Taekwondo, Jateng Sewa Pelatih Korsel

Senin, 11 Agustus 2014 - 14:58 WIB
Target Juara Taekwondo, Jateng Sewa Pelatih Korsel
Target Juara Taekwondo, Jateng Sewa Pelatih Korsel
A A A
SEMARANG - Pengurus Provinsi Taekwondo Indonesia (Pengprov TI) Jateng mendatangkan pelatih asal Korea Selatan, Sim Woo Jin untuk melatih taekwondoin junior dan remaja. Pelatih Negeri Ginseng tersebut didatangkan untuk mempersiapkan tim taekwondo dalam menyongsong Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 di Jawa Barat.
Sebenarnya Sim Woo Jin hanya akan digunakan selama tiga bulan, terhitung sejak Juni-Juli dan Agustus. Tapi karena ada peningkatan terhadap hasil latihan, akhirnya kontraknya diperpanjang lagi sampai dengan PON 2016.

''Kita ingin menjadi peringkat 1. Karena dalam PON 2012 di Pekanbaru Riau, Jateng hanya mampu bertengger di peringkat 4 dengan torehan 2 emas, di bawah Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Kalimantan Timur,''ungkap Pelatih Taekwondo Jateng, Dereck Afsa.

Menurut Dereck, didatangkannya pelatih asing dimaksudkan agar bisa meningkatkan mental pemain. Pelatih Korea tersebut, diharapkan juga bisa memberikan hal-hal baru tentang taekwondo. ''Dia punya banyak referensi dan punya teknik-teknik baru, yang bisa ditularkan kepada atlet,” kata dia.

Kendati saat ini atlet ditangani pelatih asing, bukan berarti sepenuhnya diserahkan kepada pelatih tersebut. Pihaknya juga melakukan pendampingan-pendampingan selama dilakukan latihan. Karena perbedaan karakteristik kebiasaan dan pola hidup atlet di Korea dan Indonesia, sehingga perlu ada kombinasi.

Atas dasar itu, baik pelatih lokal dan asing, bersama-sama untuk bertukar teknik dan strategi dalam memberikan materi pelatihan. Selama menjadi atlet di Korea, Sim Woo Jin sering menjadi juara nasional taekwondo di negaranya. Di Korea, Sim juga pernah melatih atlet dari Rusia yang berguru ke Negara Ginseng terebut. ''Dia kerap juara nasional, dan menjadi kapten tim dalam beberapa kejuaraan,''paparnya.

Saat ini di markas TI Jateng di kompleks Stadion Jatidiri Semarang, latihan hanya diikuti oleh atlet remaja, di antaranya Nabila Amalia Umu Aiman dan Dian Putri Puspyta Sari. Adapun para atlet junior, sedang konsentrasi belajar karena sudah mulai masuk sekolah.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9629 seconds (0.1#10.140)