Penalti Ponaryo Astaman Selamatkan Persija

Kamis, 14 Agustus 2014 - 21:26 WIB
Penalti Ponaryo Astaman Selamatkan Persija
Penalti Ponaryo Astaman Selamatkan Persija
A A A
JAKARTA - Persija Jakarta nyaris dibuat malu mantan pemainnya, Bambang Pamungkas setelah sempat membawa Pelita Bandung Raya unggul pada menit 67 memanfaatkan umpan silang dari Mushafry. Secara dramatis akhirnya klub berjuluk Macan Kemyoran menyamakan kedudukan lewat titik putih pada menit akhir jelang laga bubar. Eksekusi penalti Ponaryo Astaman menyelamatkan Persija dari kekalahan dengan menyudahi laga 1-1.

Dengan hasil ini, Persija naik ke urutan tiga sementara PBR berada di posisi ke-5 klasemen sementara Indonesia Super League 2014 wilayah Barat. Sejak menit awal pertandingan, Persija baik PBR bermain terbuka. Peluang pertama bagi Persija hadir di menit ke 17 melalui Fabiano Beltrame. Namun, bola hasil tendangannya di depan gawang masih melambung di atas mistar gawang PBR.

Pertandingan sempat terhenti sejenak lantaran Fathurohman kepalanya berdarah lantaran berbenturan dengan Ramdani Lestaluhu. Namun setelah mendapatkan perawatan medis Fathurohman tetap bisa bermain. Persija kembali mendapatkan peluang melalui Foday. Tapi, sundulannya masih belum tepat sasaran.

Sementara tim tamu terlihat mulai menguasai jalannya pertandingan dengan mengandalkan T.A. Mushafry maupun David Laly. Persija juga tidak tinggal diam dan sesekali membalas. Tapi hingga peluit akhir berbunyi skor tetap 0-0. Memasuki paruh kedua, PBR langsung tancap. Tandukan Bepe -sapaan akrab Bambang Pamungkas- membuka peluang usai memanfaatkan umpan sundulan dari Nova Arianto. Sayang masih gagal, bola hanya menerpa jaring sisi gawang Andritany.

Beberapa saat kemudian, Persija membalas lewat tendangan bebas Ismed yang masih bisa ditepis oleh Deniss Romanovs. Pada menit ke 67 Bambang Pamungkas membuat pendukung Persija Terdiam. Umpan silang dari Mushafry disambut dengan tandukan Bambang Pamungkas yang tidak mampu diantisipasi oleh Andritany. PBR unggul sementara 1-0. Tertinggal satu kosong membuat skuat Persija meningkatkan intensitas serangan mereka.

Namun hingga pertengahan babak kedua, gol penyama kedudukan belum juga hadir. Keputusan kontroversial sempat mewarnai laga yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno itu ketika Hermawan diusir keluar lapangan tanpa alasan yang jelas. Beberapa kali kedua tim saling serang, tapi belum juga berbuah hasil.

Tambahan waktu enam menit coba dimaksimalkan tuan rumah. Pada masa perpanjangan waktu, kembali wasit mengeluarkan keputusan kontroversial ketika menilai Kim Kurniawan menyentuh bola didalam kotak penalti saat terjatuh menghadang Ngurah Nanak. Penalti diberikan kepada Persija, Ponaryo yang dipercaya menjadi eksekutor sukses menyamakan kedudukan.

Deniss Romanovs sebetulnya berhasil membaca arah bola, namun tetap tidak mampu dijangkaunya. Hingga akhir laga skor 1-1 tetap bertahan hingga laga bubar.

Susunan Pemain Kedua Tim:

Persija Jakarta: Andritany, Ismed, Fabiano, Nanak, Amarzukih, Dani, Ramdani, Ponaryo, Boakay, Rohit, April.
Cadangan: Adixi, R.Affandi, Firmansyah, Agung, Egi, Victor Pae, Syahrizal.

Pelita Bandung Raya: Deniss, Wildansyah, Dias, Nova, Hermawan, Kim, Iman, Agus Indra, Musafri, Laly, Bambang Pamungkas.
Cadangan: Alvonsius, Fariz, Rifan, Anggo Julian, Wawan, Riyandi Ramadhana, Dolly Gultom.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7262 seconds (0.1#10.140)