Ini Alasan Del Bosque Panggil Munir

Minggu, 07 September 2014 - 18:37 WIB
Ini Alasan Del Bosque...
Ini Alasan Del Bosque Panggil Munir
A A A
MADRID - Pelatih timnas Spanyol Vicente Del Bosque mengungkapkan alasannya menarik Munir El Haddadi untuk disiapkan menghadapi laga pembuka Grup C kualifikasi Piala Eropa 2016 kontra Makedonia di Estadi Ciutat de Valencia, Senin (8/9).

Pemanggilan Munir menjadi tanda tanya lantaran Spanyol memiliki penyerang senior seperti striker Juventus Fernando Llorente, ujung tombak Chelsea yang dipinjamkan ke AC Milan Fernando Torres, atau Roberto Soldado (Tottenham Hotspur).

Tapi Del Bosque lebih memilih Munir untuk menggantikan Diego Costa yang dicoret akibat cedera saat Spanyol menyerah 0-1 dari Prancis pada laga persahabatan di Stade de France, Kamis (4/9). Dengan dipanggilnya Munir, di lini depan dihuni dua pemain muda, yakni Munir dan striker Valencia berusia 21 tahun Paco Alcacer, plus Pedro Rodriguez (27 tahun).

Munir merupakan pemain Barcelona yang baru dipromosi dari tim Barcelona B musim ini. Remaja berusia 19 tahun itu hanya memainkan segelintir laga untuk Barcelona. Tapi dalam debutnya, penyerang berdarah Maroko itu mencetak gol saat Barcelona menang 3-0 atas Elche di Camp Nou, pada laga pembuka La Liga musim ini.

"Itu solusi yang logis dan lebih alami (memanggil Munir ke dalam skuad)," kata Del Bosque dilansir AS. "Untuk satu hal, Albert Celades (Pelatih U-21) telah memanggilnya ke timnas U-21. Jadi, kami masukkan Munir karena dia sudah siap di kompleks pelatihan," lanjut Del Bosque.

Ada alasa lain mengapa pelatih kelahiran Salamanca, 23 Desember 1950 itu mengutamakan Munir. Hal itu terkait dengan statusnya yang berdarah Maroko. Pada usia 15 tahun, Munir pernah menyatakan berhasrat membela Maroko. Bahkan dia sempat menolak saat ditawari membela timnas Spanyol U-16. Dia baru bersedia masuk saat dipanggil timnas U-19 Spanyol.

"Jika ada panggilan dari Maroko saya pasti meresponsnya. Itu negara asal saya," katanya saat itu.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9713 seconds (0.1#10.140)