Dijamu Ceko, Hiddink Tak Panik

Senin, 08 September 2014 - 15:49 WIB
Dijamu Ceko, Hiddink Tak Panik
Dijamu Ceko, Hiddink Tak Panik
A A A
PRAHA - Kalah 0-2 dari Italia, plus sejumlah pilar cedera, tak membuat Pelatih Belanda Guus Hiddink panik menghadapi Republik Ceko pada Kualifikasi Piala Eropa 2016 Grup A di Generali Arena, Praha, Selasa (9/9).

Era baru Hiddink di timnas Belanda ditandai dengan kekalahan. Dijamu Italia di Bari, Kamis (4/9), De Oranje menyerah dua gol tanpa balas yang tercipta di 10 menit pertama. Tentu saja hasil itu menyisakan pekerjaan rumah bagi Hiddink.

Apalagi winger gesit Arjen Robben diragukan tampil melawan Rep Ceko karena cedera engkel, menyusul Ron Vlaar, Klaas-Jan Huntelaar, Jordy Clasie, dan Rafael van der Vaart yang juga absen.

Formula Hiddink yang menerapkan 4-3-3 juga belum berjalan mulus.Kekalahan dari Italia menjadi bukti perubahan itu belum memberi dampak positif. Hiddink masih harus kerja keras mencari solusi setelah pelatih sebelumnya, Louis van Gaal, mengusung 5-3-2 yang terbukti efektif membawa De Oranje ke peringkat 3 Piala Dunia 2014.

"Kami tak akan panik. Semua harus tetap berkonsentrasi, ada negatif dari pertandingan itu, tetapi juga ada hal positifnya," kata Hiddink dilansir Soccerway.

Hiddink boleh berharap bisa membawa poin dari Praha, lantaran pelatih Rep Ceko saat ini Pavel Vrba yang ditunjuk Januari lalu, belum menunjukkan performa impresif.

Meski Vrba sukses di Viktoria Plzen dengan meraih dua trofi liga domestik dan wara wiri di Liga Champions, tapi di level timnas, kiprah Vrba belum mengesankan setelah gagal membawa Petr Cech dkk ke Piala Dunia 2014 Brasil.

Di bawah Vrba, Rep Ceko memetik dua hasil imbang dan dua kali kalah dalam laga persahabatan terkini. Bahkan, pada latihan Sabtu (6/9), mantan pelatih Karel Brueckner ikut mengawasi jalannya latihan. Brueckner pernah mengalahkan Belanda 3-2 pada penyisihan grup Piala Eropa 2004.

Di Grup A, selain Rep Ceko vs Belanda, laga lainnya mempertemukan Kazakhstan vs Latvia, dan Islandia vs Turki.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7619 seconds (0.1#10.140)