Persepam Gugat Pemain Haram Perseru

Kamis, 11 September 2014 - 14:41 WIB
Persepam Gugat Pemain Haram Perseru
Persepam Gugat Pemain Haram Perseru
A A A
MADURA - Persepam Madura United rupanya belum menerima kenyataan terdegradasi dari Indonesia Super League (ISL) dan berupaya mengubah nasib. Persepam mengajukan gugatan ke PSSI dan PT. Liga Indonesia terkait pemakaian pemain tidak sah oleh Perseru Serui.
Perseru Serui adalah pesaing utama Persepam dalam menghindari degradasi. Pada laga terakhir putaran dua, Persepam kalah 1-2 dari Persipura dan Perseru Serui menang 1-3 atas Persela Lamongan. Persepam masuk kantong degradasi karena kalah head to head.

Tapi bukan hasil pertandingan di Madura dan Lamongan yang dipermasalahkan Persepam, tapi justru pemakaian pemain tidak sah pada putaran pertama lalu. Perseru sempat merekrut Sunday Oboh yang kemudian didepak di awal putaran dua karena tak sesuai harapan.

Pemain Nigeria berusia 27 tahun yang sebelumnya memperkuat Mojokerto Putra tersebut dituding tidak memiliki International Transfer Certificate (ITC). Persepam pun memanfaatkan celah ini untuk melakukan gugatan yang dilayangkan untuk PSSI dan PT Liga Indonesia.

Tujuannya jelas, Sape Kerap berharap PSSI menghukum Perseru dengan pengurangan poin dan akhirnya Persepam tetap bermain di ISL musim depan. Persepam kini terus mengumpulkan bukti dan saksi untuk memperkuat langkah hukum tersebut.

Persepam menampik upaya yang dilakukan ini mengada-ada mengingat Perseru sudah lama tak memakai jasa Sunday Oboh. "Dalam menegakkan regulasi, upaya yang dilakukan Persepam sudah sewajarnya," ucap Manajer Persepam Achsanul Qosasi, Kamis (11/9).

Dia juga menegaskan upaya yang dilakukan Persepam bukan hanya gertak sambal. Manajemen disebutnya tengah mengumpulkan data secara rinci yang nantinya akan diajukan sebagai pendukung gugatan ke PSSI dan PT Liga Indonesia.

Seandainya gugatan Persepam berhasil, maka Perseru bakal mendapatkan sanksi yang menguntungkan tim Madura. Sanksi yang bisa dikenakan antara lain pembatalan kemenangan atau imbang saat memakai pemain yang bersangkutan serta pengurangan poin.

Persepam sendiri menilai langkah hukum belum terlambat karena belum menerima surat keputusan degradasi dari PT Liga Indonesia. "Belum ada surat keputusan degradasi sampai sekarang. Makanya kami bergerak cepat," tambah Achsanul.

Berdasar penelusuran media ini, Sunday Oboh sempat dipakai tiga kali sebagai starter yakni lawan
Mitra Kukar, PSM Makassar dan Persebaya Surabaya. Saat Perseru menjamu Persepam dan menang 4-1 pada putaran pertama, Oboh duduk di bangku cadangan.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8267 seconds (0.1#10.140)