Rasul Sempat Tersisih

Minggu, 21 September 2014 - 19:21 WIB
Rasul Sempat Tersisih
Rasul Sempat Tersisih
A A A
MAKASSAR - Bek kiri PSM Rasul Zainuddin, sempat tersisih diawal kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim ini, sebelum kembali dipercaya mengisi lini bertahan Pasukan Ramang.

Alumni pra ligina tersebut memang merupakan bek kiri murni yang dimiliki PSM. Sejak skuad Juku Eja berkompetisi di Indonesia Primer League (IPL), Rasul memang menjadi pemain kunci Pasukan Ramang, namun saat di ISL pemain ini hanya menjadi penghangat bangku penonton. Apalagi diawal musim, namanya sempat redup karena kalah saingan dengan M Yusuf dan Supandi.

Rekrutan baru tersebut bergantian dimainkan di sektor sayap, akibatnya Rasul jarang digunakan. Padahal, saat membela PSM di kompetisi IPL pemain bernomor punggung 3 ini yang selalu menjadi pilihan. Apalagi saat itu Satrio Syam mantan bek kiri PSM menderita cedera selama semusim.

Rasul baru dicoba bermain menjelang akhir putaran pertama, setelah Yusuf dan Supandi belum bisa memenuhi ekspektasi tim kepelatihan. Rudy William Keltjes yang saat inimenukangi PSM, mengganti Jorg Peter Steinebrunner mencoba memainkan Rasul, hasilnya pemain ini mampu memperlihatkan permainannya yang apik sehingga kembali dipertahankan dievaluasi jeda kompetisi.

Memasuki paru musim, Rasul tak tergantikan di sektor sayap, pemain kidal ini langsung masuk dalam skuad inti. Bahkan, tim kepelatihan mencari pelapisnya yakni I Ketut Mahendra, karena dua pemain bek sayap kiri sudah didepak dari skuad.

Namun, tiga laga terakhir, Rasul harus absen membela skuad Juku Eja pasalnya pemain ini menderita cedera lutut saat membela Pasukan Ramang saat mengalahkan Persiram Raja Ampat 2-1 di kadangnya. Untuk itu, Assegaf Razak pelatih kepala PSM yang mengganti Rudy mempercayakan kepada I Ketut Mahendra.

Pelatih Kepala PSM Assegaf Razak mengatakan, memang Rasul selalu dipasang di kiri karena hanya pemain ini yang merupakan bek kiri murni. "Kita manfaatkan saja, karena hanya dia murni bek kiri," kata dia.

Namun saat pemain ini cedera diakhir kompetisi, dirinya tidak terlalu pusing karena sudah menyiapkan pelapis, meski sebenarnya pemain tersebu buka bek sayap. "Tapi bisa dimaksimalkan, makanya memang tiap lini harus ada pelapis yang sepadan," jelasnya.

Sementara itu, bek kiri PSM Rasul Zainuddin mengatakan, saat ini dirinya sudah membaik pasca cedera yang dialaminya Agustus lalu dengan terus melakukan terapi. "Saya sudah baikan, tapi sekarang masih jogging terus," pungkasnya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9287 seconds (0.1#10.140)