Motor Yamaha Bakal Gunakan Mesin F1

Jum'at, 26 September 2014 - 11:43 WIB
Motor Yamaha Bakal Gunakan Mesin F1
Motor Yamaha Bakal Gunakan Mesin F1
A A A
ARAGON - Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo mendesak Yamaha mengeluarkan peranti seamless shift gearbox (SSG). Namun pihak Yamaha menolaknya dengan alasan Yamaha ogah menjiplak SSG milik Honda. Menurut kabar yang beredar Yamaha ingin gunakan Mesin mobil balap Formula 1 di mesin Motor Yamaha YZR M1.

Seamless Shift Gearbox yang dikembangkan oleh Yamaha ini akan berbeda dengan yang dipakai oleh Honda. Kabar yang kami kumpulkan Yamaha MotoGP daat ini sedang mengembangkan gearbox (SSG) yang dipakai di ajang Formula 1 F1 sejak musim 2006-07. Ini bertujuan untuk untuk bisa menghasilkan teknologi lebih sempurna dari pesaingnya.

“Gearbox kami sangatlah bagus dan memiliki teknologi tinggi”, sahut Yamaha dalam sebuah pernyataan seperti dirilis motorbiketimes, Jumat (26/9). Pabrikan asal Jepang tersebut yakin bahwa gearbox baru ini mampu meningkatkan performa YZR-M1, meskipun itu adalah kata-kata diatas kertas alias belum ada bukti.

Selain itu juga agar perangkat yang dibuat tidak menjadi masalah dalam hal hak cipta, seperti yang telah diketahui SSG milik Honda itu telah memiliki hak paten yang telah didaftarkan di negara asalnya yakni di Jepang. Yamaha dalam hal ini tidak ingin dianggap mencontek hasil karya Honda.

Pada tahun 2011 motor pacuan Casey Stoner RC212v 800cc terlihat sangat kencang sekali, sehingga mengantarkannya menjadi juara dunia. Salah satu komponen yang memeliki kontribusi besar terhadap pemangkasan laptime-nya adalah aplikasi SSG (seamless shift gearbox). Begitu besarnya pengaruh SSG dalam pemangkas laptime, mengharuskan tim lain untuk mengaplikasikannya, termasuk Yamaha Factory Motogp.

Maka dengan ini Yamaha akan membuat yang berbeda dari Honda, dan tentu menginginkan kesempurnaan dengan perangkat yang dibuatnya sehingga memakan waktu yang tidak sebentar.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5591 seconds (0.1#10.140)