AFI Tetap Yakin Timnas Futsal Bisa Mendunia

Selasa, 30 September 2014 - 00:12 WIB
AFI Tetap Yakin Timnas Futsal Bisa Mendunia
AFI Tetap Yakin Timnas Futsal Bisa Mendunia
A A A
JAKARTA - Tim nasional (timnas) futsal Indonesia memang gagal total di AFF Futsal Championship 2014, Kuala Lumpur, Malaysia. Namun, Asosiasi Futsal Indonesia (AFI) tetap yakin timnas futsal Indonesia bisa bangkit dan berbuat banyak dikacah futsal dunia.

Caisar Silitonga dkk baru-baru ini gagal menyamai pencapaian 2010 silam, ketika untuk kali pertama membawa pulang trofi AFF Futsal Championship. Ditargetkan bisa keluar sebagai juara, tim besutan Dadang Iskandar malah hanya mampu duduk diperingkat empat di bawah Thailand, Australia, dan Vietnam.

Namun, AFI tidak langsung kebakaran jenggot. Asosiasi futsal tertinggi di Tanah Air pimpinan Hary Tanoesodibjo (HT) itu, malah yakin timnas futal Indonesia bisa berkembang lebih tinggi. Tidak hanya di kacah Asia Tenggara atau Asia, melainkan bisa berlari lebihkencang bahkan ketingkat dunia.

Menurut Sekertaris Jendral (Sekjen) AFI, Edhi Prasetya, target itu bukan sekedar mimpi belaka. Apalagi jika melihat peringkat Indonesia di rangking futsal dunia. Dimana saat ini, Indonesia duduk diposisi ke 49 dunia. Atau ada diperingkat 10 Asia. Dengan catatan itu, bukan tidak mungkin posisi Indonesia bisa diperbaiki lagi kedepannya.

"Kami menilai itu bukan target yang jadi mimpi di siang bolong. Kami harus yakin, futsal Indonesia bersama AFI bisa menembus dan berkompetisi di tingkat dunia," ungkap Edhi.

"Kenapa begitu? Sekarang saja kami ada di 50 besar dunia atau 10 besar Asia, itu jadi tanda jika kami serius peringkat Indonesia akan lebih bagus lagi. Jika mampu menembus 40 dunia, kami juga bisa berpartisipasi di kancah internasional," lanjutnya.

AFI pun tidak hanya mau sekedar bicara berharap timnas futsal Indonesia bisa berpartisipasi dikancah dunia. Karena proses pembinaan dan kompetisi yang berjenjang ditingkat umur akan dijalankan AFI yang usianya belum genap setahun berdiri.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6298 seconds (0.1#10.140)