Remaja Norwegia Ini Siap Geser Rekor Bale

Senin, 06 Oktober 2014 - 19:22 WIB
Remaja Norwegia Ini...
Remaja Norwegia Ini Siap Geser Rekor Bale
A A A
OSLO - Martin Odegaard menatap sejarah baru di kualifikasi Piala Eropa. Gelandang serang Norwegia itu berpeluang menjadi pemain dan pencetak gol termuda di ajang tersebut.

Odegaard lahir di Drammen, Norwegia, 17 Desember 1998. Kendati masih belia, Odergaard mendapat kepercayaan pelatih timnas Norwegia Per-Mathias Hogmo masuk dalam timnas senior untuk kualifikasi Piala Eropa melawan Malta dan Bulgaria.

Hogmo sudah memberi kesempatan Odegaard melakukan debut internasional, saat Norwegia bermain imbang 0-0 dengan Uni Emirat Arab pada laga persahabatan di Viking Stadion, 27 Agustus lalu. Saat itu, usia pemain klub Stromsgodset itu menginjak 15 tahun, 253 hari dan menasbihkan dirinya sebagai pemain termuda di negaranya yang tampil membela timnas.

Kini, Odegaard menatap rekor pemain termuda yang tampil di kualifikasi Piala Eropa. Saat ini, rekor pemain termuda yang tampil di kualifikasi Piala Eropa dipegang gelandang Islandia Sigurdur Jonsson yang berusia 16 tahun, 251 hari pada tahun 1983. Kebetulan saat itu lawan yang dihadapi Islandia adalah Malta.

Jika Odegaard turun di Ta'Qali National Stadium melawan Malta pada penyisihan Grup H, Jumat (10/10) atau di Ullevaal Stadion, Oslo, saat menjamu Bulgaria, Senin (13/10), maka dia akan menjadi pemain termuda dalam sejarah kualifkasi Piala Eropa UEFA.

"Rekor Odegaard adalah sensasional, dan akan sulit dilampaui pemain lain," kata Erlend Nesje, seorang jurnalis yang bekerja untuk surat kabar Norwegia Aftenposten seperti dilansir laman resmi UEFA. "Ingat, rekor Jonsson itu tercipta tahun 1983. Ada kemungkinan rekor Odegaard kelak akan bertahan dalam waktu yang lama."

Kemungkinan Odegaard bakal diturunkan melawan Malta sudah mendapat lampu hijau dari pelatih. Menurut Hogmo, Odegaard sudah seperti seorang pemain berpengalaman kendati masih remaja. Dia mencetak tiga gol dalam 19 penampilan bersama Stromsgodset.

"Saya tidak takut menurunkannya, bahkan sebagai starter," kata Hogmo. "Semua pemain dalam skuad bersaing menjadi starter XI. Martin (Odegaard) adalah pemain yang sangat kompeten membuka pertahanan lawan, dan kualitas itu yang kami butuhkan."

Ada catatan lain jika Odegaard diturunkan. Dia berpeluang menggeser rekor Gareth Bale sebagai pemain termuda yang mencetak gol di kualifikasi Piala Eropa. Pemain Real Madrid itu membuat gol saat Wales melawan Slovakia, Oktober 2006. Usia Bale saat itu 17 tahun, 83 hari.

Pemain Termuda di Kualifikasi Piala Eropa

Sigurdur Jonsson, Islandia (16 tahun, 251 hari)
Peter Jehle, Liechtenstein (16 tahun, 265 hari)
Levan Kenia, Georgia (16 tahun, 325 hari)
Daniel Frick, Liechtentstein (17 tahun, 79 hari)
Ronny Buechel, Liechtenstein (17 tahun, 82 hari)
Gareth Bale, Wales (17 tahun, 83 hari)
Vagif Javadov, Azerbaijan (17 tahun, 100 hari)
Romelu Lukaku, Belgia (17 tahun, 113 hari)

Pencetak Gol Termuda di Kualifikasi Piala Eropa

Gareth Bale, Wales (17 tahun, 83 hari)
Levan Mchedlidze, Georgia (17 tahun, 207 hari)
Ben Sahar, Israel (17 tahun, 230 hari)
Wayne Rooney, Inggris (17 tahun, 317 hari)
Zoran Filipovic, Yugoslavia (18 tahun, 92 hari)
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3653 seconds (0.1#10.140)