Yamaha Tepat Tunjuk Edwards Kembangkan Ban

Sabtu, 11 Oktober 2014 - 11:01 WIB
Yamaha Tepat Tunjuk Edwards Kembangkan Ban
Yamaha Tepat Tunjuk Edwards Kembangkan Ban
A A A
MOTEGI - Colin Edwards telah memutuskan pensiun pada akhir musim 2014. Namun karena Bridgestone mundur sebagai pemasok ban MotoGP dan Michelin mengambil alih dari Bridgestone pada tahun 2016. Hal inilah yang Yamaha memaksa Edwards untuk kembali ke lintasan balap untuk mengembangkan ban Michelin.

Mantan petinggi Yamaha Tech 3, Herve Poncharal, yang bekerja dengan Edwards antara tahun 2008 dan 2011menganggap Colin Edwards adalah kandidat luar biasa untuk memainkan peran kunci dalam pengembangan YZR-M1 dengan ban Michelin di musim 2016.

"Saya sangat senang bahwa Colin akan memainkan peran besar dalam pengembangan M1 dan ban Michelin dan itu adalah berita yang sangat baik bagi kita. Dia tahu tentang aspek teknis dari olahraga, khususnya ban dan sasis," tutur Poncharal seperti dilansir MCN.

"Kita bisa melihat seberapa baik masukannya kita memiliki banyak insinyur top Yamaha di garasi kami mendengarkan dia, meskipun kadang-kadang ia berada di balik pengendara pabrik penuh,"

Pembalap berusia 40 tahun ini menganggap ajang balap motor paling prestisius itu telah membesarkan namanya. Karena itu, keputusannya meninggalkan MotoGP mengundang reaksi beragam dari berbagai pihak. Valentino Rossi bahkan mengaku sangat kehilangan sosok Edwards sebagai sahabat. Maklum, keduanya pernah berada dalam satu tim Yamaha pada 2005 hingga 2007.

" Dia memiliki banyak pengalaman dengan Michelin dari masa lalu dan dia tahu Bridgestone dan Yamaha sangat baik, jadi dia adalah pilihan yang sempurna. Aku tahu dia sangat senang untuk melakukan itu karena dia mencintai untuk terlibat dalam sisi teknis dan ini adalah pilihan terbaik Yamaha bisa dilakukan. "

Dalam kurun delapan tahun tersebut, Edwards meraih gelar juara sebanyak dua kali pada 2000 dan 2002. Setelah meraih gelar di Superbike, Edwards memutuskan pindah ke MotoGP satu tahun kemudian. Sayang, hingga saat ini pembalap kelahiran Conroe, Texas, Amerika Serikat, itu belum pernah mencicipi gelar juara. Kendati akan pensiun, Edwards tampaknya mempersiapkan diri dengan matang.

Dia telah membangun tempat pelatihan sepeda motor kelas dunia yang bernama The Texas Tornado Colin Edwards Boot Camp (TTBC). Tempat itu diperuntukkan pembalap pemula atau profesional yang ingin mengasah keterampilan mereka dalam mengendarai sepeda motor.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7283 seconds (0.1#10.140)